kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis prediksi IHSG menguat lagi besok, ini alasannya


Kamis, 20 September 2018 / 18:27 WIB
Analis prediksi IHSG menguat lagi besok, ini alasannya
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia


Reporter: Anna Maria Anggita Risang | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil berlari dua hari terakhir. Pada penutupan perdagangan pasar modal Kamis (20/9), indeks kembali bertambah 0,98% ke level 5.931. Investor asing kembali mencatatkan pembelian bersih (net buy) sebesar Rp 221,44 miliar.

M. Nafan Aji, analis Binaartha Sekuritas menjelaskan, kenaikan IHSG jika dilihat secara eksternal, didorong oleh pelaku pasar yang sudah melakukan antisipasi setelah pengumuman tarif terhadap impor dari China senilai US$ 200 miliar oleh Trump. Selain itu, sentimen kenaikan suku bunga The Fed mereda sejenak saat ini.

"Kemudian, faktor geopolitik dan keamanan yang terjadi di Semenanjung Korea sudah relatif stabil setelah Korea Selatan dan Korea Utara melaksanakan pertemuan bilateral di Pyongyang," tambah Nafan.

Di sisi lain, menguatnya harga komoditas global juga menjadikan sentimen positif tambahan. Apalagi menjelang pertemuan OPEC di Aljazair dalam rangka stabilisasi harga minyak dunia.

Juga dari domestik, secara fundamental, data makroekonomi cenderung stabil. Hal-hal tersebutlah yang menjadi katalis positif penguatan IHSG maupun rupiah.

Berdasarkan indikator teknikal, Nafan melihat, Moving Average Convergence Divergence (MACD) sudah berhasil membentuk pola golden cross di area negatif. Sementara itu, Stochastic dan RSI masih berada di area netral.

“Sebagai tambahan informasi, masih terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area resistance,” katanya.  

Nafan memproyeksikan, IHSG kembali menguat besok Jumat (20/9) dan bergerak di rentang 5.879-5.966

Sedangkan Analis Panin Sekuritas William Hartanto menyatakan, penguatan hari Kamis terdorong dari prediksi meningkatnya klaim pengangguran Amerika Serikat (AS) yang akan keluar di Kamis malam dan pasar yang memasuki window dressing kuartal III. "Selain itu penguatan IHSG juga didukung oleh net buy besar investor asing selama tiga hari terakhir," ujar William.

William memprediksi, IHSG akan menguat kembali dengan level support 5.880 dan resistance 5.990.

Menurutnya, sentimen positif yang datang untuk penguatan IHSG masih sama seperti hari Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×