kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Analis ekspektasi kabinet jilid II tidak didominasi politisi


Minggu, 13 Oktober 2019 / 16:38 WIB

Analis ekspektasi kabinet jilid II tidak didominasi politisi
Analis ekspektasi kabinet jilid II tidak didominasi oleh politisi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anggota Kabinet Kerja jilid II yang bakalan dilantik pada 20 Oktober 2019 mendatang disinyalir akan menjadi katalis positif bagi pasar kalau terbukti sesuai harapan. Salah satu yang diinginkan oleh pelaku pasar adalah komposisi politisi tidak terlalu mendominasi.

Kepala Riset MNC Sekuritas Thendra Crisnanda mengharapkan anggota kabinet lebih banyak diisi oleh pejabat yang memiliki kemampuan terbaik di bidang-nya. “Harus bisa memosisikan the right people on the right place,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (11/10).

Thendra menyatakan komposisi kabinet kerja harus lebih dominan kepada teknokrat dan profesional dibandingkan dengan politisi.

Baca Juga: Melirik saham-saham jawara market caps, siapa yang menarik?

Adapun Thendra mengevaluasi secara keseluruhan Tim Kabinet jilid 1 layak diapresiasi atas kinerja dan kontribusinya. Terbukti dari perekonomian Indonesia yang masih bertumbuh di atas 5% yakni salah satu tertinggi di Kawasan Asia Tenggara. Apalagi saat ini Indonesia juga sedang berada di tengah badai  ketidakpastian global.

Thendra menilai bahwa Sri Mulyani menjadi salah satu kunci teknokrat yang berhasil di bidangnya.

Meskipun demikian, Thendra menyatakan masih banyak beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan oleh Pemerintahan Jokowi jilid 2. Terutama terkait masih rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan produktivitas tenaga kerja.

Baca Juga: IHSG diprediksi menguat lagi besok, disokong kabar baik negosiasi perang dagang

Thendra mengharapkan bertumbuhnya kualitas SDM dapat menopang pertumbuhan Foreign Direct Investment (FDI) ke depan.  Menurutnya FDI menjadi salah satu indikator yang ditunggu oleh para investor di Pasar Modal.

Thendra menyatakan Indonesia memiliki banyak calon kualitas Menteri yang baik tetapi seperti halnya dengan gaya kepemimpinan Jokowi, kriteria utama yang harus dipertimbangkan adalah Menteri yang  yang mampu mengeksekusi kebijakan dan perbaikan dengan baik dan cepat.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×