kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.003,17   -5,24   -0.52%
  • EMAS1.133.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak Usaha Intikeramik Alamasri Industri (IKAI) Bakal Ekspansi ke IKN


Kamis, 26 Oktober 2023 / 18:43 WIB
Anak Usaha Intikeramik Alamasri Industri (IKAI) Bakal Ekspansi ke IKN
ILUSTRASI. Pabrik keramik PT Internusa Keramik Alamasri, anak usaha PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI).


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI) akan melebarkan ekspansinya ke Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui anak usahanya, PT Internusa Keramik Alamasri yang merupakan produsen keramik Essenza. 

Direktur Utama Internusa Keramik Alamasri Angelica Lie menyampaikan, saat ini, pihaknya telah menjajaki kerja sama distribusi keramik ke beberapa proyek pembangunan di IKN. 

"IKN bisa menjadi bagian dalam program perusahaan untuk melengkapi jalur distribusi hingga menjangkau kawasan timur Indonesia mulai 2024," katanya kepada Kontan.co.id, Kamis (26/10). 

Menurutnya perluasan pasar dilakukan sebagai bentuk adaptasi dengan perubahan ekosistem bisnis. Terlebih pertumbuhan pasar di luar Jawa masih signifikan. 

Baca Juga: Dongkrak Penjualan, Intikeramik Alamasri (IKAI) Andalkan Modernisasi Distribusi

Saat ini, penjualan keramik Essenza masih kuat di Pulau Jawa dan Sumatera. Meski begitu IKAI memiliki agen di kota besar Kalimantan dan Sulawesi seperti Banjarmasin, Pontianak, Makassar, Manado. 

"Dengan pertumbuhan pasar luar Jawa terbilang signifikan, saluran distribusi perlu lebih agresif. Khususnya di setiap kota besar di Luar Jawa dan Sumatera" jelas Angelica. 

Untuk proyek di IKN, produsen keramik Essenza telah menyerahkan contoh material sesuai dengan spesifikasi. Angelica optimistis secara spesifikasi Internusa Keramik Alamasri telah terpilih. 

Adapun pemerintah tengah mengakselerasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Salah satunya dengan mendorong perusahaan meningkatkan nilai TKDN. 

Saat ini, total kapasitas industri keramik mencapai 9,4 juta ton yang berasal dari 37 perusahaan. Nilai TKDN seluruh perusahaan pun beragam, mulai dari 25% hingga 91,17%. 

Angelica menilai berbagai regulasi tersebut dapat membawa gairah industri keramik dalam negeri. Untuk itu IKAI beserta anak usahanya akan turut berpartisipasi. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×