kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ajaib Sekuritas Asia masih fokus perkuat produk saham dan reksadana


Rabu, 15 Desember 2021 / 22:07 WIB
Ajaib Sekuritas Asia masih fokus perkuat produk saham dan reksadana
ILUSTRASI. Memasuki 2022, Ajaib Sekuritas berencana menggunakan pendanaan yang telah diperoleh sepanjang tahun ini.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ajaib Sekuritas Asia kian optimis memasuki tahun 2022. Perusahaan unicorn ini berencana untuk terus memperdalam layanannya.

Direktur Ajaib, Juliana menuturkan, pihaknya masih berfokus pada dua layanan, yakni saham dan reksadana lantaran pemahaman investasi yang berbeda-beda. "Tiap segmen punya pemahaman investasi yang berbeda-beda, sehingga masih banyak pekerjaan rumah untuk pengembangan produk yang sudah ada," ujar dia, Rabu (15/12).

Pada 2020 saja, sebanyak 129 juta atau sekitar 47% penduduk Indonesia menggunakan e-commerce dengan nilai transaksi sebesar Rp 266 triliun. Namun, di tahun yang sama tingkat literasi keuangan pasar modal masyarakat masih rendah yaitu 4,9%, sementara tingkat inklusi hanya 1,6%.

Padahal, Indonesia yang memiliki jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dan diproyeksikan menjadi negara dengan ekonomi digital nomor satu di Asia Tenggara pada 2025 dengan kontribusi transaksi digital mencapai US$ 124 miliar atau Rp 1.736 triliun.

Baca Juga: Didominasi milenial, Ajaib catatkan lebih dari 5 juta transaksi per bulan

Walaupun demikian, Ana, panggilannya menyebut perusahaan akan terbuka terhadap layanan-layanan baru seperti obligasi ritel maupun underwriter ke depannya. "Kami akan melihat peluang di 2022 karena kami juga melihat generasi milenial juga aktif dengan emiten yang akan IPO," imbuh dia.

Nah, memasuki 2022, Ajaib Sekuritas berencana menggunakan pendanaan yang telah diperoleh sepanjang tahun ini. Ajaib berhasil mengumpulkan dana US$ 243 juta atau setara Rp 3,58 triliun pada tahun ini. Adapun investor yang terlibat dalam total pendanaan tersebut seperti SoftBank, Horizon Ventures, Alpha JWC, DST Global, Ribbit Capital, ICONIQ Capital, dan IVP.

"Selain untuk meningkatkan produk juga akan untuk melakukan rekrutmen besar-besaran," tambah VP Product Ajaib, Aurora Marsye.

Baca Juga: Dikabarkan curi data nasabah, ini bantahan Ajaib Sekuritas

Sampai dengan September 2021, Ajaib telah mengakuisisi lebih dari 1 juta investor. Sebanyak 90% merupakan investor milenial.

Adapun per bulan, Ajaib Sekuritas mengklaim mencatatkan lebih dari 5 juta transaksi. Juga, lebih dari 30 miliar volume saham per bulannya.

Ana melanjutkan, sebagai unicorn investasi pertama di Asia Tenggara, pihaknya juga akan memperhatikan keamanan data tiap investor. Dia bilang, perusahaan mengundang research data security untuk menemukan potensi celah di aplikasinya.

"Kami juga bekerjasama dengan Bareskrim untuk keamanan data," pungkas dia.

Baca Juga: Ajaib sukses gandeng lebih dari 1 juta investor saham

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×