kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agrodana Futures dan ICDX Perkuat Edukasi PBK Lewat Kampus


Selasa, 28 Maret 2023 / 18:09 WIB
Agrodana Futures dan ICDX Perkuat Edukasi PBK Lewat Kampus
ILUSTRASI. Dok. Agrodana Futures


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Agrodana Futures terus memperkuat edukasi dan sosialisasi literasi perdagangan berjangka komoditi (PBK) dengan menggandeng asosiasi dan juga kampus-kampus. Terbaru, perusahaan bersama ICDX berjolaborasi dengan Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) meresmikan Commodity Derivative Interest Group (CDIG) di lingkungan kampus.

Dengan penguatan literasi ditujukan untuk  membantu masyarakat terhindar dari beragam modus penipuan yang dilakukan oknum-oknum. Laurentius Gunawan, Direktur Utama Agrodana Futures, menambahkan pihaknya akan terus memberikan edukasi melalui berbagai cara. Selain bekerjasama dengan kampus-kampus, perusahaan menyajikan market update dan informasi terkait trading lewat kanal Youtube, aplikasi Agrodana Futures News dan lain-lain.

“Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa dan mereka perlu diperlengkapi dengan berbagai ilmu termasuk transaksi PBK agar mereka juga bisa ikut mengembangkan dan menikmati manfaat dari industri PBK,” kata dia dalam keterangan resminya, Selasa (28/3).

Yugieandy Tirta Saputra, Direktur ICDX, mengatakan ICDX sebagai bursa komoditi dan derivatif yang berbasis di Indonesia memiliki produk eksklusif GOFX yang memungkinkan transaksi Gold, Oil dan Forex dengan kontrak Micro sehingga sangat cocok bagi kalangan mahasiswa yang selama ini bertransaksi kontrak micro di pialang illegal dari luar negeri, dan seluruh transaksi di GOFX pasti dijamin oleh Lembaga Kliring ICH. 

Menurutnya, lewat pembukaan CDIG tersebut maka masyarakat dan kalangan civitas academica punya kesempatan untuk mendapatkan berbagai informasi dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam bertransaksi PBK.

Sementara Dijah Pratiwi Prihandini, Direktur ICH, menjelaskan kehadiran Lembaga Kliring Indonesia Clearing House (ICH) dalam transaksi PBK di Bursa ICDX membuat investor merasa aman, karena investor bisa merasa yakin bahwa jika mendapatkan keuntungan maka keuntungan pasti dapat dicairkan dan dinikmati. 

ICH juga menyediakan akun e-Citra agar nasabah bisa melihat apakah transaksinya benar tercatat di ICH. Jika tidak ada Lembaga Kliring yang melakukan verifikasi dalam bentuk investasi maka akan rawan penipuan.

Anang E. Wicaksono, Head ICDX Academy mengatakan bahwa transaksi di PBK sangat menarik karena bisa dua arah, sehingga membuka peluang untuk meraih keuntungan pada saat pasar bullish maupun bearish. Di samping itu, dengan penggunaan leverage memungkinkan investor berinvestasi dengan modal yang kecil. 

“Investor yang bertransaksi di PBK memiliki potensi keuntungan karena adanya leverage, tetapi mereka perlu memahami mekanisme transaksinya agar bisa memahami risikonya. Di sini Money Management penting diperhatikan agar tak mengalami kerugian. Sebelum berinvestasi juga perlu memperhatikan legalitas perusahaan pialangnya, wakil pialangnya dan produk instrumennya serta LOGIS dari sisi hitungan dan praktiknya,” tutur Anang.

Rektor UKDC, Adrian Adiredjo, menyambut positif respon dari Agrodana Futures, Bursa ICDX dan Lembaga Kliring ICH yang menyetujui pembukaan CDIG di lingkungan kampus. Dia berharap dengan pengetahuan teknis terkait PBK yang langsung tersedia di lingkungan kampus, akan memperlengkapi seluruh mahasiswa kami dengan keterampilan tambahan yang belum tentu tersedia di kampus lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×