kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agrodana Futures Gandeng Bappebti, Aspebtindo, dan ICDX Dorong Literasi PBK


Rabu, 22 Maret 2023 / 14:28 WIB
Agrodana Futures Gandeng Bappebti, Aspebtindo, dan ICDX Dorong Literasi PBK
ILUSTRASI. Dok. Bappebti


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Agrodana Futures bekerjasama dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Aspebtindo) serta ICDX menggelar program edukasi dan sosialisasi literasi perdagangan berjangka komoditi.

Didid Noordiatmoko, Kepala Bappebti mengatakan industri Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) telah mengalami pertumbuhan positif selama beberapa tahun terakhir. Namun, pertumbuhan tersebut sempat dicemari oleh investasi bodong berkedok PBK, sehingga penting sekali untuk meningkatkan literasi masyarakat tentang PBK. 

“Masyarakat perlu paham cara berinvestasi yang aman di PBK agar bisa ikut mengambil manfaat dari industri ini. Bappebti juga sudah secara aktif dan terus menerus melakukan sosialisasi, pembinaan dan berbagai kegiatan lainnya untuk mengembangkan industri PBK menjadi sarana investasi yang aman bagi seluruh masyarakat,” kata Didid dalam keterangan resminya, Selasa (21/3).

Sementara Udi Margo Utomo, Ketua Umum Aspebtindo, mengatakan bulan Literasi PBK yang berlansung pada Maret 2023  harus dijadikan sebagai momentum oleh seluruh Pialang Berjangka untuk bersama-sama melakukan edukasi ke seluruh lapisan masyarakat.

Penipuan yang dilakukan oleh oknum dengan kedok PBK menimbulkan kerugian yang tidak sedikit di masyarakat. Ada yang berupa penawaran produk investasi dengan jaminan profit yang dilakukan melalui berbagai media sosial, ada yang berupa transaksi PBK oleh institusi illegal, dan berbagai modus operandi lainnya di antaranya robot trading. 

Menurut Laurentius Gunawan, Direktur Utama  Agrodana Futures, literasi keuangan yang semakin tinggi tentu akan membantu melindungi masyarakat dari berbagai penipuan dan investasi bodong. Oleh karena itu, Agrodana terusa berupaya melakukan edukasi dengan berbagai media misalnya Youtube, Instagram, Facebook maupun kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi seperti Universitas Surabaya.

Di Indonesia sudah tersedia transaksi PBK kontrak Micro yang resmi yaitu GOFX. Ini merupakan produk eksklusif dari ICDX yang menyediakan berbagai kontrak micro untuk produk Gold, Crude Oil dan Forex. Transaksinya langsung terjadi di Bursa ICDX sehingga sangat transparan. 

“Masyarakat perlu ingat bahwa investasi pasti mengandung risiko, sehingga jika ada investasi dengan jaminan profit, ini tentu saja tidak logis. Kemudian penting untuk mengetahui legalitas atas produknya maupun institusi yang menawarkan. Jika prasyarat legal dan logis ini tidak dipenuhi, dapat dipastikan ini investasi bodong dan perlu dihindari,” tambah Laurentius Gunawan.

Transaksi yang tercatat di Bursa ICDX dijamin oleh Lembaga Kliring ICH. Masyarakat bisa melakukan pengecekan apakah transaksinya sudah tercatat melalui akun e-CITRA. Jadi masyarakat perlu meminta akun e-CITRA dari Pialang Berjangkanya untuk meningkatkan keamanan. Di samping itu, setoran dana nasabah wajib disetorkan ke Rekening Terpisah (Segregated Account) atas nama Pialang Berjangka, dan nasabah bisa melakukan pengecekan Rekening Terpisah serta legalitas Pialang Berjangka melalui www.bappebti.go.id

Laurentius mengatakan, Agrodana selalu mengutamakan kepuasan dan kenyamanan nasabah sehingga setiap nasabah pasti langsung menerima akun e-CITRA dan kami adalah satu-satunya Pialang Berjangka yang menjamin penarikan dana dalam waktu kurang dari 1 jam sudah masuk ke rekening nasabah. "Semua ini kami lakukan agar nasabah memiliki pengalaman yang baik bertransaksi PBK Bersama Agrodana,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×