kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Adaro Energy diisukan bakal membeli saham Delta Dunia


Selasa, 25 September 2018 / 19:40 WIB
Adaro Energy diisukan bakal membeli saham Delta Dunia
ILUSTRASI. Tambang Batubara PT Adaro Indonesia Tbk


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Isu keluarnya Northstar Pacific dari PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) kembali berhembus. Calon pembelinya bahkan dikabarkan bertambah.

PT Adaro Energy Tbk (ADRO) disebut-sebut berminat mengambilalih kepemilikan 3,26 miliar atau setara 38,37% saham DOID milik Northstar. ADRO menjadi nama keempat yang dikaitkan dengan isu tersebut setelah sebelumnya ada nama PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Tiara Marga Trakindo dan satu perusahaan asal Tingkok.

Direktur Utama ADRO, Garibaldi Thohir atau yang sering disapa Boy Thohir menampik hal tersebut. "Itu tidak benar, kami tidak ada rencana seperti itu," ujarnya kepada KONTAN, Selasa (25/9).

Alasannya, ADRO sudah memiliki anak usaha yang bergerak di segmen jasa penambangan batubara. Anak usaha itu adalah, PT Saptaindra Sejati (SIS). "SIS juga salah satu kontraktor terbesar di Indonesia," kata Head of Corporate Communication PT Adaro Energy Tbk, Febriati Nadira pada kesempatan yang sama.

Meski demikian, valuasi SIS dari segi aset belum sebesar anak usaha DOID, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA). Per Juni 2018, aset SIS tercatat sebesar US$ 537,05 juta. Sedang BUMA mencapai US$ 1,13 miliar.

Dari segi kontrak, BUMA saat ini telah mengantongi kontrak jasa penambangan US$ 7 miliar. Ini merupakan target kontrak hingga akhir tahun dan masih berpotensi bertambah.

Sementara, manajemen ADRO belum bisa mengungkapkan berapa nilai kontrak yang sudah SIS kantongi. "Aktivitasnya jadi satu dengan ADRO, tidak bisa berikan informasi detil," imbuh Febriati.

Manajemen DOID menolak berkomentar terkait isu tersebut. Namun, sebelumnya manajemen pernah mengungkapkan jika bukan hal yang mustahil jika Northstar ingin keluar dari DOID. Sebab, Northstar sudah cukup lama memegang investasinya di DOID, sejak 2008.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×