Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) membukukan kinerja yang positif hingga kuartal III 2018 ini. Kinerja tersebut berasal dari gerai baru maupun gerai lama ACES.
Sekretaris Perusahaan dan VP Investor Relations ACES Helen Tanzil mengatakan, saat ini ACES memiliki 169 gerai yang meliputi 163 toko reguler dan enam ACE Xpress. "Dan masih akan ada penambahan sekitar lima toko hingga Desember 2018," kata Helen kepada Kontan.co.id, Rabu (7/11).
Berdasarkan catatan Kontan.co.id, realisasi gerai baru ACES sudah melampaui target. Sebelumnya, perusahaan ritel perkakas rumah tangga ini menargetkan membuka 15 gerai baru pada tahun ini.
Sampai bulan Oktober lalu, ACES sudah membuka 20 gerai baru. Bila ada penambahan lima gerai pada Desember nanti, maka total gerai ACES akan bertambah menjadi 174 gerai.
Untuk tahun ini, ACES mengalokasikan dana belanja modal sebesar Rp 175 miliar untuk ekspansi gerai baru. Emiten grup Kawan Lama ini juga mencatat penambahan gerai lebih besar pada tahun lalu yang cuma 17 gerai dari target 15 gerai.
Selanjutnya dari sisi kontribusi penjualan ACES, saat ini masih didominasi oleh produk perbaikan rumah dan gaya hidup. Meskipun demikian, Helen bilang tak menutup kemungkinan di masa mendatang ACES akan mengembangkan produk lainnya.
Sekadar info, produk permainan saat ini baru berkontribusi sebesar Rp 162 miliar terhadap pendapatan perusahaan. Helen mengungkapkan bahwa pihaknya ada rencana untuk mengembangkan produk tersebut lewat skema pembukaan gerai lantaran produk tersebut dapat tumbuh di pasar domestik. Namun, sayangnya ia belum membeberkan lebih lanjut soal rencana tersebut.
Terkait tantangan dan hambatan perusahaan ke depan, ia mengatakan bahwa pihaknya akan dihadapkan dengan sejumlah tantangan yang datang dari internal dan eksternal.
Tantangan eksternal yang akan dihadapi seperti kondisi politik dan ekonomi yang cukup dinamis, hingga kompetitor yang terus bermunculan. "Sedangkan faktor internal misalnya bagaimana perusahaan mempersiapkan karyawan untuk menghadapi kondisi pasar yang dinamis dan perkembangan teknologi," tambah Helen.
Maka strategi yang akan dilakukan oleh ACES adalah dengan menambah jumlah gerai karena strategi ini terbukti efektif mendongkrak kinerja ACES selama beberapa tahun terakhir ini. "Selain itu, kami juga akan mengerek kinerja melalui program promo yang menarik, penambahan lini produk baru, pengembangan beragam pelayanan baru, serta perbaikan sistem belanja online melalui ruparupa.com yang merupakan authorized online retailer Kawan Lama Group," imbuhnya.
Sedangkan untuk tahun depan, perusahaan akan tetap melakukan penambahan gerai. "Memang belum diputuskan, tapi kemungkinan sekitar 15 gerai," ungkapnya.
Untuk diketahui, ACES membukukan kenaikan pendapatan 22% menjadi Rp 5,16 triliun pada periode Januari-September 2018 dari Rp 4,22 triliun pada periode yang sama di tahun lalu. Pendapatan konsinyasi bersih sebesar Rp 78,34 miliar atau naik 89% dari Rp 41,34 miliar pada periode September 2017.
Adapun pendapatan ACES ditopang oleh segmen produk perbaikan rumah yang berkontribusi Rp 2,79 triliun atau naik 18% year on year (yoy) dari Rp 2,36 triliun. Lalu dari segmen gaya hidup menyumbang sebesar Rp 2,12 triliun atau naik 25% dari Rp 1,69 triliun.
Sementara dari segmen mainan anak-anak berkontribusi sebesar Rp 162,28 miliar atau naik 34% dari Rp 120,94 miliar.
Sedangkan dari sisi penjualan konsinyasi berkontribusi sebesar Rp 267,07 miliar atau naik 73% dari Rp 154,05 miliar. Adapun biaya konsinyasi sebesar Rp 188,72 miliar atau naik 67% yoy dari Rp 112,71 miliar.
ACES pun membukukan kenaikan laba bersih 32% menjadi Rp 697,37 miliar pada kuartal III 2018 dari Rp 526,46 miliar pada kuartal III 2017.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News