kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,80   8,20   0.83%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah emiten ritel catatkan pertumbuhan SSSG di bulan September


Minggu, 21 Oktober 2018 / 17:01 WIB
Sejumlah emiten ritel catatkan pertumbuhan SSSG di bulan September


Reporter: Dimas Andi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Walau belum melaporkan kinerja keuangan di kuartal III, sejumlah emiten sektor ritel tampak mengalami kenaikan pertumbuhan rata-rata penjualan di tiap toko atau same store sales growth (SSSG).

Berdasarkan riset Bahana Sekuritas tanggal 12 Oktober, terdapat PT Ace Hardware Tbk (ACES) yang mencatatkan pertumbuhan SSSG di bulan September sebesar 11,3%. Adapun pertumbuhan SSSG milik ACES sepanjang tahun ini secara kumulatif sudah mencapai 13,3%.

Mega Christina, Analis Bahana Sekuritas menyampaikan, perolehan SSSG ACES yang mencapai dua digit pada bulan September terbilang mengesankan. Pasalnya, tahun ini terjadi pergeseran waktu pelaksanaan ACES Boom Sales ke bulan Oktober. Alhasil, masih terbuka kesempatan bagi ACES untuk mengalami peningkatan SSSG yang lebih signifikan di bulan tersebut.

Tak hanya ACES, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) juga berhasil mencatatkan SSSG yang impresif pada bulan September kemarin yakni sebesar 11%. Sementara sepanjang tahun ini, SSSG RALS sudah tumbuh 2,4%.

SSSG yang diraih oleh RALS pada bulan lalu merupakan level tertinggi sejak April 2017. Menurut Mega, keberhasilan RALS tak lepas dari usaha transformasi yang dilakukan oleh emiten tersebut. Misalnya memindahkan sebagian gerainya ke lantai atas di suatu mal sehingga dekat dengan bioskop dan outlet-outlet makanan atau food court agar mendapat jumlah pengunjung lebih banyak.

“Kebijakan ini merupakan pengembangan dari konsep one stop shopping yang dahulu sudah dilakukan oleh RALS,” ujar Mega, Jumat (19/10) lalu.

Analis NH Korindo Sekuritas, Michael Tjahjadi yakin emiten-emiten ritel lainnya juga akan memperoleh pencapaian serupa. Hal ini mengingat di kuartal III tahun ini ada banyak momentum yang bisa dimanfaatkan oleh peritel untuk meraup keuntungan besar.

Selain Asian Games dan Asian Para Games, emiten ritel diuntungkan oleh keberadaan program seperti Hari Belanja Diskon Indonesia pada Agustus hingga awal September lalu. Di periode yang sama, Festival Jakarta Great Sale juga berlangsung. “Momen-momen seperti itu akan menjaga kinerja pendapatan emiten ritel pasca libur Lebaran di kuartal II lalu,” terang dia, akhir pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×