kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Perusahaan Bakal Gelar IPO Awal 2024, Mana yang Valuasinya Murah?


Senin, 18 Desember 2023 / 21:26 WIB
7 Perusahaan Bakal Gelar IPO Awal 2024, Mana yang Valuasinya Murah?


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gelaran penawaran umum perdana saham alias initial public offering (IPO) pada awal 2024 akan semarak. Setidaknya ada enam perusahaan sedang menggelar penawaran awal atau bookbuilding

Direktur Investment Banking MNC Sekuritas Heri Herdiyanto mengatakan di sisa tahun ini memang akan ramai perusahaan yang melakukan bookbuilding dan offering di awal Januari 2024.

"Ini mengingat masa berlaku laporan keuangan Juni akan habis di Desember sehingga beberapa calon emiten melakukan bookbuilding di Desember," kata dia kepada Kontan.co.id belum lama ini. 

Adapun para calon emiten tersebut berasal dari sektor dan bisnis yang beragam. Kebanyakan calon emiten berasal dari sektor konstruksi dan sisanya ada dari sektor bahan baku dan energi. 

Baca Juga: Intip Profil 6 Emiten yang akan Gelar IPO pada Januari 2024

Dalam hitungan Kontan.co.id, ada ada sejumlah saham yang menawarkan valuasi murah dari segi indikator price to book value (PBV) maupun price to earning ratio (PER).

Ada PT Asri Karya Lestari Tbk (ASLI) yang memiliki PBV di kisaran 1,33 kali–1,60 kali. Tetapi perusahaan konstruksi ini memiliki PER sebesar 29,07 kali–37,80 kali. 

Kemudian ada PT Multi Spunindo Jaya Tbk (MJSA) yang menawarkan PER dan PVB rendah. Perhitungan Kontan.co.id, proyeksi PER MJSA di 13,79 kali–19,31 kali dengan PBV di 1,31 kali–1,70 kali. 

Research Analyst Infovesta Kapital Advisori Arjun Ajwani mengatakan sektor gelaran IPO dari sektor konstruksi masih menarik untuk dicermati. Ini mengingat pembangunan infrastruktur tengah digenjot. 

"Untuk saat ini, sektor infrastruktur momentumnya masih sangat kuat sekarang," kata dia Senin (18/12). 

Baca Juga: Bakal Melantai Tahun Depan, 7 Perusahaan Gelar Bookbuilding di Akhir 2023

IPO sebagai exit strategy

Jika dicermati diantara 7 perusahaan yang akan menggelar penawaran umum di awal tahun depan, ada satu calon emiten yang memilih struktur IPO berbeda.

Perusahaan itu ialah PT Adhi Kartiko Pratama Tbk (NICE). NICE menawarkan sebanyak-banyaknya 1,21 miliar saham dengan nominal Rp 10 per saham.

Menariknya, seluruh saham yang ditawarkan itu merupakan saham divestasi milik PT Sungai Mas Minerals (SMM) dan PT Inti Mega Ventura (IMEV). 

Nilai IPO NICE mencapai Rp 644,69 miliar. Sayangnya, tak sepeser pun dana akan masuk ke kantong perusahaan nikel itu, tetapi masuk ke pemegang saham lama. 

Baca Juga: Prospek Sektor Barang Baku Masih Jitu, Simak Saham Pilihan Analis

Pengamat Pasar Modal dari Universitas Indonesia (UI) Budi Frensidy mengatakan pada beberapa tahun silam, jarang sekali otoritas mengizinkan struktur IPO seperti itu. 

Dengan struktur yang ditawarkan NICE, Budi menilai seharusnya investor tidak tertarik. Pasalnya, ada risiko yang membayangi investor terutama dari sisi keberlanjutan NICE. 

"Risikonya lebih besar datang dari business sustainability serta kualitas perusahaan. Investor harus teliti sebelum membeli, harus benar-benar perhatikan," kata dia. 

Setali tiga uang, Arjun juga menilai perusahaan seperti NICE sebaiknya dihindari. Mengingat prospek underlying, yakni nikel masih mengalami tekanan yang berkaca dari pergerakan saham ANTM dan INCO. 

"Jadi mungkin lebih baik dihindari," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×