kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Saham Ini Masuk ke Jajaran MSCI 2023, Mana Yang Prospek Untuk Investasi?


Senin, 13 Februari 2023 / 07:22 WIB
3 Saham Ini Masuk ke Jajaran MSCI 2023, Mana Yang Prospek Untuk Investasi?
ILUSTRASI. 3 Saham Ini Masuk ke Jajaran MSCI 2023, Mana Yang Prospek Untuk Investasi?


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Info penting untuk investor di Bursa Efek Indonesia (BEI). Daftar saham di Indeks Morgan Stanley Capital International (MSCI) kembali berubah pada Februari 2023 ini.

Ada tiga saham baru yang masuk indeks MSCI Global Standard Februari 2023. Manakah saham baru di indeks MSCI Global Standard Februari 2023 yang memiliki prospek bagus untuk investasi?

MSCI kembali melakukan rebalancing portofolio. MSCI tidak menambah saham untuk daftar indeks MSCI Global Standard. Namun, MSCI menghapus saham PT Bank Jago Tbk (ARTO) dari indeks daftar MSCI Global Standard.

Di sisi lain MSCI menambah tiga saham di daftar indeks MSCI Small Cap yaitu PT Energi Mega Persada Tbk  (ENRG), PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) dan PT Temas Tbk (TMAS) dan mengeluarkan PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP).

Harga saham ENRG pada perdagangan Jumat 10 Februari 2023 ditutup di level 270, naik 16 poin atau 6,30% dibandingkan sehari sebelumnya. Pada periode yang sama, harga saham MAPA ditutup di level 4.640, naik 60 poin atau 1,31%.

Kemudian harga saham TMAS ditutup di level 2.840, naik 220 poin atau 8,40%. Sedangkan saham BCAP ditutup di level 80 turun 1 poin atau 1,23%.

Baca Juga: IHSG Diprediksi Menguat, Cermati Saham Rekomendasi Analis

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menyampaikan saham-saham baru yang masuk ke dalam indeks MSCI akan memiliki katalis positif.

Pendorongnya, saham-saham itu akan dijadikan pilihan oleh para pelaku pasar dalam portofolio investasi. "Nilai saham-saham tersebut dapat mengalami kenaikan harga dan sahamnya akan lebih likuid diperdagangkan. Sehingga dapat menarik investor domestik dan asing untuk masuk ke dalam saham tersebut," ucapnya kepada Kontan.co.id, Minggu (12/2).

Indeks MSCI selalu menjadi acuan bagi para pelaku pasar dan investor untuk mencari saham yang sudah di seleksi oleh indeks MSCI.

Menurutnya dalam rebalancing yang dilakukan oleh indeks MSCI dimana saham ARTO dikeluarkan karena nilai saham ARTO mengalami penurunan secara market cap.

Berdasarkan RTI, Minggu (12/2), saham ARTO mengalami penurunan 32,53% dalam tiga bulan terakhir, 72,03% dalam enam bulan terakhir dan 83,84% selama satu tahun.

Nico mengatakan keluarnya saham ARTO tidak akan mempengaruhi kinerja perseroan dari sisi fundamental perusahaan ataupun prospek bisnis.

Adapun prospek ke depannya, Nico melihat saham ARTO masih sangat positif apalagi ketika inflasi turun otomatis peluang kenaikan suku bunga terbatas, sehingga saham-saham bank digital ataupun saham teknologi tentu lebih resilent terhadap ketidakpastian.

Sejauh ini, pasar sudah memasukkan potensi masuknya GOTO ke indeks MSCI pada Mei 2023. Nico menyampaikan semua saham berpeluang masuk ke dalam Indeks MSCI bukan hanya GOTO.

Selain itu, Nico menerangkan sejak awal tahun GOTO sudah mulai pulih secara free float market cap sehingga menjadi salah satu perhatian pasar. "kami yakin bukan hari ini tapi nanti akan bisa masuk tetapi akan tergantung dari sisi makro dan mikro ekonomi ke depannya," jelasnya.

Itulah rekomendasi saham indeks MSCI untuk perdagangan hari ini, Senin 13 Februari 2023. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×