Reporter: Amailia Putri Hasniawati | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) menyiapkan beberapa cara untuk menjajakan anak usahanya. Sebagai contoh, Telkom berencana melepas 20% kepemilikan di anak usahanya, PT Sigma Cipta Caraka dengan mencari mitra strategis.
Sejatinya, mencari strategic partner menjadi salah satu opsi. Honesti Basyir, Direktur Keuangan TLKM mengatakan, ada berbagai macam mekanisme unlock value bisnis.
Apalagi, operator telekomunikasi terbesar Tanah Air ini juga berencana melepas kepemilikan di beberapa anak usahanya lainnya yang non-menara. Anak-anak usaha itu antara lain bergerak di bidang pusat data (data center) dan digital media. Salah satunya, melepas 20% saham Metra TV, pengelola televisi berbayar UseeTV.
Ada beberapa opsi yang akan dilakukan Telkom untuk melepas kepemilikan anak-anak usahanya itu. Pilihannya, bisa lewat backdoor listing atau menjajakan saham perdana (IPO).
Namun, Sebelum melakukan strategi tersebut, perusahaan pelat merah ini akan menggemukkan bisnisnya terlebih dahulu. Seperti, bisnis data center, emiten halo-halo ini sudah memiliki seluas 35.000 meter persegi (m2).
Indra menargetkan, perseroan bisa mengembangkan bisnis data center hingga 100.000 m2. Tahun ini, targetnya ada tambahan sekitar 35.000 m2, sehingga luasnya menjadi 70.000 m2. Tambahan itu dilakukan melalui ekspansi organik. Tetapi, TLKM juga mengupayakan untuk bisa melakukan ekspansi anorganik data center ini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News