Reporter: Issa Almawadi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) berhasil mencatat pertumbuhan marketing sales sebesar 24% atau mencapai Rp 4,28 triliun di tahun lalu. Catatan ini didukung naiknya harga jual properti di kisaran 10%-50% per tahun.
"Didukung juga dengan tingginya permintaan konsumen atas produk properti kami," kata Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan BSDE, Hermawan Wijaya dalam keterangannya, Selasa (22/1).
Hermawan merinci, pertumbuhan angka penjualan tertinggi pada Taman Permata Buana yang naik 58% pertahun, kemudian BSD City dengan rata-rata 30% dan Grand Wisata Bekasi sebesar 16% per tahun. Ditambahkan Hermawan, “Angka marketing sales terbesar dikontribusikan oleh segmen perumahan, yakni sebesar Rp 2,168 triliun atau 51% dari total marketing sales BSDE beserta anak usahanya. Segmen tersebut tumbuh stabil di kisaran 24% dan BSD City tercatat sebagai kontributor terbesar berdasarkan segmen proyek sepanjang 2012.”
Penjualan terbesar kedua dikontribusikan oleh penjualan segmen kavling tanah sebesar Rp 1,238 triliun atau 29% dari total marketing sales BSDE. Sepanjang 2012, ungkap Hermawan, tercatat 3 segmen yang melonjak di atas rata-rata pertumbuhan pasar yakni segmen Kawasan Industri sebesar 4.157% menjadi Rp 58,537 miliar kemudian Segmen Strata Title dengan pertumbuhan 1.203% dengan angka marketing sales sebesar Rp 253,542 miliar.
BSDE juga ditopang kontribusi PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI) yang diakuisi pada 2011. DUTI tercatat memberikan kontribusi sebesar 23% terhadap marketing sales konsolidasi BSDE. Segmen rumah toko yang dipasarkan di BSD City dan lokasi lain yang dikelola Duta Pertiwi selaku anak perusahaan BSDE menjadi penyumbang pertumbuhan terbesar ketiga dengan angka pertumbuhan 279% menjadi Rp 560,742 miliar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News