kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wintermar menargetkan kenaikan utilisasi dari 62% menjadi 70%


Selasa, 17 April 2018 / 07:58 WIB
Wintermar menargetkan kenaikan utilisasi dari 62% menjadi 70%
ILUSTRASI. Kapal Perusahaan Pelayaran PT Wintermar Offshore Marine


Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski harga minyak sudah mulai stabil dan utilisasi kapal sudah mulai membaik, PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) belum memiliki keinginan untuk ekspansi kapal baru. Tapi, emiten pelayaran ini memprediksi bahwa utilisasi kapal akan lebih baik dari tahun lalu.

"Prediksi utilisasi tahun ini bisa sampai 70%," kata Sugiman Layanto, Direktur Utama WINS, Senin (16/4). Utilisasi kapal tersebut diprediksi naik jika dibandingkan dengan utilisasi kapal perusahaan ini di tahun sebelumnya yakni sebesar 62%.

WINS juga berupaya untuk merambah pasar-pasar baru dengan mengerjakan kontrak-kontrak yang berjangka waktu 3-4 bulan atau kontrak jangka pendek.

Meski mencatatkan kenaikan utilisasi, Sugiman mengakui bahwa keadaan supply dan demand belum berimbang sehingga harga sewa kapal WINS belum mencatatkan kenaikan yang sesuai. Harga sewa masih kurang wajar sehingga sulit bagi WINS untuk menargetkan pendapatan.

Beberapa strategi juga tengah diupayakan emiten perkapalan tersebut dengan meningkatkan utilisasi kapal dengan memodifikasi kapal-kapalnya menjadi kapal seismik.

Saat ini, WINS memiliki sekitar 69 kapal. Perusahaan ini juga mulai menjual kapal-kapal tua sehingga bisa mempertahankan utilisasi kapal.

Sepanjang tahun lalu, Wintermar meraup pendapatan US$ 61,95 juta. Pendapatan ini turun 30,50% jika dibandingkan dengan pendapatan tahun 2016 sebesar US$ 89,14 juta.

Penurunan pendapatan ini menyebabkan kerugian bersih WINS membesar. Wintermar mencatatkan kerugian bersih US$ 27,10 juta, melonjak 69% jika dibandingkan dengan kerugian bersih tahun sebelumnya US$ 16,03 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×