: WIB    —   
indikator  I  

Waspada koreksi harga SUN, ini rekomendasinya

Waspada koreksi harga SUN, ini rekomendasinya

JAKARTA. Harga surat utang negara (SUN) pada penutupan perdagangan Kamis (23/3) tercatat mengalami penurunan. Berdasarkan situs Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), indeks INDOBeX Government Clean Price turun sebesar 0,01% ke level 114,33 dibandingkan dengan penutupan hari sebelumnya.

Analis Fixed Income MNC Securities I Made Adi Saputra berpendapat bahwa dari faktor teknikal, harga Surat Utang Negara masih bergerak pada tren kenaikan harga sehingga masih terbuka peluang terjadinya kenaikan harga dalam jangka pendek.

Namun demikian, pelaku pasar perlu mewaspadai terjadinya koreksi harga di tengah harga Surat Utang Negara yang berada pada area jenuh beli (overbought) dan mulai terlihatnya adanya sinyal pembalikan arah terhadap beberapa seri Surat Utang Negara.

"Hal tersebut kami perkirakan akan membatasi tren kenaikan harga yang terjadi di pasar sekunder," ungkapnya

Dengan pertimbangan beberapa faktor tersebut Made menyarankan kepada investor untuk tetap mencermati arah pergerakan harga Surat Utang Negara di pasar sekunder.

Made melihat beberapa seri Surat Utang Negara yang masih cukup menarik untuk diperdagangkan di tengah pergerakan harga Surat Utang Negara yang mulai terbatas, yaitu seri FR0066, FR0069, FR0036, ORI013, FR0071, FR0073, FR0058, FR0065, FR0068 dan FR0072.

Asal tahu saja, Pemerintah melakukan pembelian kembali Surat Utang Negara Dengan Cara Penukaran (Debt Switch) senilai Rp 1,25 triliun pada 23 Maret 2017. Total penawaran yang masuk senilai Rp1,97 triliun dari 7 seri Surat Utang Negara yang akan ditukar oleh investor melalui MOFiDS (Ministry of Finance Dealing System) trading platform.


 


Reporter Umi Kulsum
Editor Sanny Cicilia

SURAT UTANG NEGARA (SUN)

Feedback   ↑ x
Close [X]