: WIB    —   
indikator  I  

Tito: Soal holding, kami akan mengikuti

Tito: Soal holding, kami akan mengikuti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Holding tambang masih menjadi polemik dalam beberapa hari terakhir. Perubahan dari BUMN menjadi non anak usaha BUMN kemudian menyisakan pertanyaan, mengenai bagaimana nasib investor minoritas. Lalu haruskah perusahan-perusahaan holding tambang tersebut melakukan tender offer sebagai perwujudan perlindungan pemegang saham minoritas.

Tito Sulistio, Direktur Bursa Efek Indonesia mengatakan bahwa saat ini BEI hanya akan mengikuti aturan yang ada dari negara. "Buat bursa sebagai lembaga, kami akan mengikuti," kata Tito, Senin (20/11). Ia juga melihat bahwa, tugas bursa adalah infrastruktur dan bersama OJK bagaimana melindungi minoritas.

Meski demikian, sebagai praktisi pasar modal, Tito melihat bahwa terkait merger dan akuisisi seharusnya tidak boleh sedikitpun mengurangi jumlah pemegang saham minoritas. Selain itu secara hukum perlindungan investor menurutnya juga harus ditegakkan. Ia mengingatkan bahwa jika sedikit saja kepentingan pemegang saham minoritas terusik lantaran hal tersebut, maka tender offer menjadi hal yang wajib dilakukan.

Selain itu menurutnya terkait dengan holding tambang, konsultasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) diperlukan dalam pembentukan holding tambang tersebut.


Reporter Elisabet Lisa Listiani Putri
Editor Wahyu Rahmawati

HOLDING BUMN

Feedback   ↑ x