kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

The Greenback perlahan salip Yen


Senin, 22 Mei 2017 / 17:49 WIB
The Greenback perlahan salip Yen


Reporter: Namira Daufina | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Meski terbatas, namun pasangan USD/JPY perlahan merangkak unggul. Analis menduga setidaknya untuk jangka pendek, fokus pelaku pasar tertuju pada pidato beberapa pejabat The Fed mengenai prospek suku bunga pada FOMC bulan depan dan itu menguntungkan USD.

Mengutip Bloomberg, Senin (22/5) pukul 16.28 WIB pasangan USD/JPY terangkat tipis 0,09% ke level 111,36 dibanding hari sebelumnya.

Alwy Assegaf, Analis PT SoeGee Futures menjelaskan pasca melemah cukup signifikan beberapa waktu lalu akibat suhu politik di AS yang memanas setelah Donald Trump, Presiden AS disinyalir membocorkan rahasia negara ke Rusia, USD memang tertekan dalam. Ketegangan tersebut pun memicu naiknya daya tarik yen sebagai safe haven.

“Wajar di awal pekan ini timbul aksi bargain hunting yang kembali mengangkat USD akibat aksi ambil untung pelaku pasar setelah posisi yang rendah,” jelas Alwy. Dukungan lainnya bagi USD datang dari antisipasi pasar terhadap dua pejabat The Fed yang dijadwalkan akan memberikan speech.

Biasanya, Gubernur The Fed Bagian Philadelphia, Patrick Harker kerap memberikan pernyataan hawkish mengenai peluang terjaganya kenaikan suku bunga The Fed pada FOMC tengah tahun nanti. Sementara Gubernur The Fed Minneapolis, Neel Kashkari kerap bernada dovish. “Sehingga timbul antisipasi pelaku pasar menanti data yang cenderung mixed tersebut,” kata Alwy.

Namun selama fokus pasar tertuju pada peluang naiknya suku bunga The Fed, maka USD masih akan diuntungkan. Nantinya pada Rabu (24/5) mantan Ketua FBI dijadwalkan akan memberikan pidato.

“Potensinya hal tersebut bisa membuat kekhawatiran pasar meningkat lagi dan memicu beralihnya pelaku pasar ke aset safe haven seperti yen,” tebak Alwy. Maka untuk Selasa (23/5) peluang USD/JPY menguat terbuka imbas dari penantian pernyataan pejabat The Fed soal proyeksi kenaikan suku bunga.

“Pergerakan cenderung fluktuatif dengan rentang sempit, tapi kans rebound USD/JPY jangka pendek masih terjaga,” tambah Alwy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×