kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tambah kapasitas pabrik, WTON siapkan Rp 680 miliar


Sabtu, 20 Januari 2018 / 13:59 WIB
Tambah kapasitas pabrik, WTON siapkan Rp 680 miliar
WTON Resmikan Jalur 4 Pabrik Produk Beton di Lampung


Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - LAMPUNG. PT Wijaya Karya Beton (WTON) melanjutkan ekspansi penambahan kapasitas pabrik. Tahun ini, WTON menyiapkan belanja modal (capex) Rp 680 miliar yang berasal dari kas internal.

Sebesar 55% capex akan digunakan untuk peningkatan kapasitas. "Sisanya akan digunakan untuk anak perusahaan dan penambahan fasilitas ready mix," ujar Muhammad Syafii, Direktur Keuangan WTON, Jumat (19/1).

Peningkatan kapasitas tersebut dilakukan di tiga pabrik WTON yang berada di Lampung Selatan, Majalengka dan Sulawesi Selatan. Syafii mengatakan, untuk pabrik di Lampung Selatan, WTON menggelontorkan investasi Rp 162 miliar. Kemarin, perusahaan ini sudah meresmikan jalur empat pabrik produk beton di lokasi tersebut.

Hadian Pramudita, Direktur Utama WTON, menyebut, pihaknya mengeluarkan investasi hampir dua kali lipat dari biasanya untuk jalur empat ini. "Tapi produksi bisa bertambah lebih besar," kata dia.

Sistem dan teknologi produksi yang ada di pabrik ini dapat meningkatkan produktivitas hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan sistem produksi sebelumnya. Total kapasitas produksinya mencapai 250.000 ton per tahun.

Pabrik ini memproduksi produk beton pracetak sentrifugal, berupa tiang pancang dengan diameter 40 cm dan 60 cm. Produk ini digunakan untuk beberapa proyek, seperti PLTU Bontang, pembangunan PLTU Asam-Asam, jalan tol Balikpapan-Samarinda dan proyek lainnya.

Sementara itu, pabrik WTON di Sulawesi Selatan memproduksi box girder. Lalu, pabrik WTON di Majalengka akan memproduksi produk pracetak nonputar.

Dengan seluruh ekspansi tersebut, WTON berharap bisa meningkatkan kapasitas produksi sebesar 12% menjadi 3,4 juta ton per tahun.

Tahun ini, WTON juga ingin menambah pendapatan dari segmen non-precast. Alasannya, margin lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×