: WIB    —   
indikator  I  

Tahun 2018, industri semen masih kelebihan pasokan

Tahun 2018, industri semen masih kelebihan pasokan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kondisi kelebihan pasokan atau oversupply pada industri semen masih menghantui tahun depan. Meski demikian, volume penjualan semen masih diprediksi tumbuh.

Christian Kartawijaya, Direktur Utama PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) menyatakan kondisi tersebut tidak bisa terhindarkan. Pasalnya, ada beberapa pabrik maupun terminal semen yang baru beroperasi.

"Tahun depan, oversupply akan makin membesar. Tahun ini saja 37 juta ton tahun ini. Tahun depan oversupply diperkirakan 40 juta ton," kata Christian disela-sela acara Kompas 100 CEO Forum di Jakarta, Rabu (29/11).

Dia melanjutkan, untuk INTP saja tahun depan akan ada potensi pertumbuhan volume produksi. Hal ini dikarenakan efektivitas pabrik yang meningkat. Oleh karena itu, pertumbuhan ini akan menyumbang jumlah produksi juga secara nasional.

"Jadi itu yang membuat pertumbuhan kapasitas naik 9%. Sementara pertumbuhan permintaan naik 5%. Makanya oversupply membesar," imbuhnya.

INTP sendiri, lanjut Christian, memiliki kapasitas produksi sekitar 24,5 juta ton per tahun karena ada pertambahan jumlah volume produksi. "Sekarang kurang lebih kapasitas terpakainya 70%. Jadi memang utilisasinya masih rendah," imbuhnya.


Reporter Dede Suprayitno
Editor Wahyu Rahmawati

EMITEN

Feedback   ↑ x