: WIB    —   
indikator  I  

Schroders luncurkan platform edukasi InvestIQ

Schroders luncurkan platform edukasi InvestIQ

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Schroders Investment Management Indonesia meluncurkan platform pendidikan investasi online bernama InvestIQ pada Kamis (23/11). Platform InvestIQ ditujukan untuk membantu orang dalam membuat keputusan investasi yang lebih baik dan lebih tepat.

Adrian Maulana, Senior Vice President Intermediary Business Schroders Investment Management Indonesia mengatakan, latar belakang perusahaan mengembangkan InvestQ disebabkan rendahnya jumlah investor di Indonesia.

“Saat ini hanya ada sekitar 500.000 investor aktif dari 250 juta penduduk Indonesia,” katanya dalam presentasi di Bursa Efek Indonesia, Kamis (23/11).

Di dalam platform InvestQ, tersedia tes untuk mengidentifikasi karakter investasi seseorang dan membandingkannya dengan nilai dari responden lain secara global.

Untuk mengembangkan tes tersebut, Schroders bekerja sama dengan Decision Technology, sebuah lembaga konsultan penelitian ilmu perilaku yang didirikan tahun 2002 di University of Warwick.

Masyarakat yang berminat dapat mengunjungi situs resmi Schroders Investment Management Indonesia. Setelah itu, masyarakat dapat mengklik menu Quick Start kemudian pilih submenu InvestIQ. Seusai melakukan tes InvestIQ, masyarakat akan mengetahui profil karakter pribadinya masing-masing.

Schroders menyediakan empat pilihan karakter investasi, yakni “tenang dan rasional optimis”, “pemburu opini”, “perencana yang penuh kehati-hatian”, dan “pengendara bebas”. Setiap karakter tersebut memiliki plus dan minus tersendiri.

Tak hanya itu, masyarakat juga akan diberikan penjelasan sekaligus tips berinvestasi berdasarkan karakternya masing-masing. “Tes ini diharapkan jadi langkah awal bagi setiap orang untuk berinvestasi dengan cara yang baik dan benar,” kata Adrian.

Fitur andalan yang juga terdapat di InvestIQ adalah video edukasi tentang pengenalan investasi. Terdapat beberapa video edukasi berdurasi singkat yang menjelaskan secara sederhana dunia investasi, termasuk produk-produknya seperti saham, reksadana, atau obligasi.

“Kami memilih video untuk menyesuaikan karakter masyarakat sekarang yang senang dengan hal berbau visual,” kata Adrian

Tidak hanya video pengenalan investasi, InvestIQ juga menyediakan fitur berupa video-video mengenai sifat atau perilaku seseorang dalam berinvestasi.

Ada sembilan sifat investasi yang dihimpun Schroders dalam bentuk video di platform InvestIQ. Di antaranya sifat “terbawa arus”, “kepercayaan diri”, “optimisme”, “takut akan kerugian”, “keengganan menyesal”, “keengganan ambiguitas”, “impulsif”, “proyeksi”, dan “keresahan”.

“Tentu di video tersebut ada tips-tipsnya juga,” imbuh Adrian.


Reporter Dimas Andi
Editor Dupla Kartini

INVESTASI

Feedback   ↑ x
Close [X]