kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saratoga (SRTG) mengklaim portofolio membaik di kuartal I-2019


Selasa, 30 April 2019 / 20:26 WIB
Saratoga (SRTG) mengklaim portofolio membaik di kuartal I-2019


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) sukses membukukan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik perusahaan atau laba bersih Rp 1,13 triliun sepanjang kuartal I-2019. Perolehan laba ini meningkat signifikan, mengingat pada periode yang sama tahun lalu, perusahaan yang 22% sahamnya dimiliki Sandiaga Uno tersebut, masih mencatatkan rugi sebanyak Rp 317,61 miliar.

Berdasarkan perhitungan Kontan.co.id, sepanjang kuartal I-2019 SRTG berhasil membukukan pendapatan hingga Rp 1,39 triliun. Jumlah tersebut diperoleh dari pendapatan keuntungan bersih atas investasi pada efek ekuitas, penghasilan dividen dan bunga, serta pendapatan lainnya. Angka tersebut meningkat signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang hanya Rp 134,38 miliar.

Sedangkan, berdasarkan laporan keuangan yang dirilis Selasa (30/4), diketahui juga beban bunga SRTG meningkat sebanyak 110,04% dari Rp 39,42 miliar di kuartal I-2018, menjadi Rp 82,80 miliar. Diikuti kenaikan beban usaha sebanyak 38,68% menjadi Rp 53,09 miliar di kuartal I-2019.

Dalam keterangan resminya kemarin, emiten itu mengklaim, bahwa capaian tersebut menandakan pemulihan yang baik bagi portofolio Saratoga dari kuartal sebelumnya. Manajemen menjelaskan, peningkatan laba sebagian besar berasal dari naiknya harga saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), dan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG).

Presiden Direktur Saratoga Michael Soeryadjaya menyatakan, selama kuartal I-2019, keseluruhan portofolio Saratoga pulih cepat dari kuartal IV-2018. Peningkatan tersebut, diklaim mengungguli indeks Komposit Bursa Efek Jakarta (IHSG) yang naik 4% dalam periode yang sama.

“Kami senang melihat bahwa investor saham mengakui potensi pertumbuhan dan nilai perusahaan-perusahaan ini. Sebagai pemegang saham jangka panjang, kami terus fokus pada kekuatan fundamental perusahaan-perusahaan ini dan memberikan dukungan," kata Michael dalam keterangan resminya, Senin (29/4).

Ke depan, setelah pemilihan presiden berjalan dengan lancar dan ketidakpastian mereda dari pasar, SRTG optimistis perusahaan portofolio ini akan mengalami tahun yang baik.

Selain mendukung perusahaan portofolio, Saratoga juga telah melakukan beberapa aksi korporasi di kuartal I-2019. Pada Februari, Saratoga meluncurkan penawaran tender sukarela (Voluntary Tender Offer) untuk saham MPMX. Alhasil, Saratoga membeli 160 juta saham MPMX dan resmi menjadi pemegang saham mayoritas.

"Penawaran tender sukarela adalah upaya untuk memperkuat portofolio investasi kami di sektor konsumen. MPMX memainkan peran penting dalam portofolio konsumen dan kami berharap dapat bekerja sama dengan manajemen MPMX untuk pencapaian yang optimal dan maju bersama-sama," jelas Michael.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×