: WIB    —   
indikator  I  

Sampai akhir tahun, tren harga CPO masih bullish

Sampai akhir tahun, tren harga CPO masih bullish

KONTAN.CO.ID - Meskipun baru saja menyentuh level tertingginya, tetapi harga komoditas minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) tetap berada dalam tren bullish. Penguatan harga diperkirakan akan berlanjut sampai akhir tahun 2017. Ada kemungkinan harga akan menyentuh level RM 3.000 per metrik ton.

Agus Chandra, Analis PT Monex Investindo Futures mengatakan di akhir tahun 2017 harga CPO akan bergerak pada rentang RM 2.700 – RM 3.000. Menurutnya, selama masih disokong oleh produksi yang menurun dan permintaan yang tinggi, harga masih mungkin untuk melanjutkan penguatan.

“Kalau fundamental seperti sekarang harga bisa sampai RM 3.000 per metrik ton,” paparnya kepada Kontan, Rabu (13/9).

Sedangkan hingga akhir kuartal III atau akhir September nanti ada kemungkinan harga akan berada di rentang RM 2.780 – RM 3.000 per metrik ton. Untuk Kamis (14/9), harga akan bergerak di kisaran RM 2.800 – RM 2.910 per metrik ton. Sedangkan sepekan berikutnya sekitar RM 2.740 – RM 3.000 per metrik ton.

Secara teknikal, masih terlihat ada ruang untuk kenaikan. Di sisi lain, ada juga indikasi koreksi. Harga CPO sekarang ini bergerak di atas garis moving average (MA) 50, MA 100 dan MA 200 yang mengindikasikan penguatan. Sinyal serupa juga diperlihatkan indikator moving average convergence divergence (MACD) berada di level 51.

Sedangkan indikator relative strength index (RSI) di level 51 dan stochastic di level 84 justru menunjukkan potensi koreksi karena keduanya sudah berada di area overbought.


Reporter RR Putri Werdiningsih
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

CPO

Feedback   ↑ x
Close [X]