: WIB    --   
indikator  I  

Saham Grup Bakrie di BUMI merosot

Saham Grup Bakrie di BUMI merosot

JAKARTA. Rights issue PT Bumi Resources Tbk (BUMI) senilai Rp 35,07 triliun terserap seluruhnya (fully subscribed). Dileep Srivastava, Direktur dan Sekretaris BUMI mengatakan, hal ini turut mempengaruhi komposisi pemegang saham BUMI setelah rights issue.

Ia mengatakan, sebagian besar rights issue memang diserap oleh pembeli siaga yang tak lain adalah kreditur BUMI. Efek dilusi rights issue yang mencapai 50,84%, jelas memangkas kepemilikan saham publik dari yang tadinya 67,11% menjadi 37,6%.

Long Haul Holdings Ltd, kendaraan investasi Grup Bakrie juga terdilusi karena tak mengambil haknya. Dileep bilang, porsi Grup Bakrie di saham BUMI melalui kendaraan investasinya mencapai 33%-35%. "Kini, kepemilikan Grup Bakrie turun menjadi 17%-18%," katanya kepada KONTAN, Kamis (27/7).

Meski kepemilikannya menurun drastis, Grup Bakrie tetap menjadi pengendali BUMI. Lalu, kreditur BUMI bakal mengempit sekitar 44% saham BUMI. Masuknya kreditur menjadi pemegang saham BUMI ini sudah ditandai secara khusus dengan didapuknya perwakilan kreditur sebagai direktur dan komisaris BUMI, beberapa waktu lalu.


Reporter Narita Indrastiti
Editor Yudho Winarto

RIGHTS ISSUE BUMI

Feedback   ↑ x
Close [X]