kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham Blue Chip Ini Akan Bayar Dividen Rp 5,7 Triliun, Apakah Layak Beli?


Kamis, 25 April 2024 / 06:11 WIB
Saham Blue Chip Ini Akan Bayar Dividen Rp 5,7 Triliun, Apakah Layak Beli?
ILUSTRASI. Saham Blue Chip Ini Akan Bayar Dividen Rp 5,7 Triliun, Apakah Layak Beli?


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Salah satu saham blue chip di Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana melakukan pembayara dividen jumbo dalam waktu dekat. Analis rekomendasi trading buy saham blue chip ini.

Saham blue chip adalah saham lapis satu di bursa efek yang memiliki fundamental kuat dan kapitalisasi pasar besar. Di BEI, saham blue chip identik dengan saham di Indeks LQ45.

Salah satu anggota LQ45 yang akan bayar dividen adalah saham PT United Tractors Tbk (UNTR). UNTR akan membagikan dividen sebesar Rp 1.569 per saham atau setara dengan Rp 5,7 triliun.

Pembayaran dividen saham UNTR bakal berlangsung pada 22 Mei 2024 kepada para pemegang saham yang namanya tercatat pada 7 Mei 2024.

Hal itu sesuai dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar Rabu (24/4). Secara total, dari laba bersih tahun buku 2023 UNTR membagikan dividen tunai sebesar Rp 2.270 per saham atau sejumlah Rp 8,2 triliun, termasuk dividen interim Rp 701 per saham atau Rp 2,5 triliun yang telah dibayarkan pada 24 Oktober 2023.

Total dividen UNTR senilai Rp 8,2 triliun itu setara dengan 39,78% dari laba bersih yang diraih pada tahun 2023 sebesar Rp 20,61 triliun. Tingkat dividend payout ratio UNTR mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 121% dari laba bersih tahun 2022 Rp 21 triliun.

Baca Juga: Harga Saham Blue Chip Ini Naik 5% Kemarin (22/4), Apa Masih Layak Beli atau Jual?

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2023 UNTR mengantongi pendapatan senilai Rp 128,58 triliun, tumbuh 4,02% secara tahunan. Dari jumlah tersebut, UNTR meraih laba bersih sebesar Rp 20,61 triliun pada 2023, turun 1,85% dibandingkan keuntungan Rp 21 triliun pada 2022.

Direktur United Tractors Iwan Hadiantoro mengungkapkan besaran dividen yang dibagikan UNTR telah melalui berbagai pertimbangan. Terutama untuk menyeimbangkan antara kebutuhan pendanaan belanja modal maupun kemungkinan adanya investasi baru di masa yang akan datang.

Iwan bilang, payout ratio UNTYR kembali pada level yang normal, yakni sekitar 40%. UNTR pun ingin menjaga tingkat profitabilitas saat harga komoditas mengalami normalisasi usai sebelumnya harga batubara global sempat meroket hingga level US$ 400 per ton. 

"Sejak awal tahun 2023 harga batubara sudah mencapai titik equilibrium baru, sehingga menyebabkan profitabilitas UNTR kembali ke level normal," kata Iwan dalam konferensi pers, Rabu (24/4).

Apalagi, UNTR pun sedang getol menggelar ekspansi di segmen bisnis non-batubara dengan mengakuisisi sejumlah perusahaan. Dus, Anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) memerlukan kecukupan dana yang besar.

Guna menunjang aksi ekspansi tersebut, Iwan menegaskan UNTR memiliki kesiapan dana. Sumber pendanaan itu termasuk berasal dari pihak ketiga atau pinjaman perbankan dengan fasilitas hingga sekitar US$ 2 miliar. 

Sedangkan untuk belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini, UNTR juga mengalokasikan anggaran jumbo. Iwan menyampaikan, proyeksi capex UNTR mencapai US$ 1,3 miliar - US$ 1,4 miliar. 

Capex UNTR akan dipakai untuk menunjang bisnis kontraktor pertambangan sekitar US$ 1 miliar. Kemudian US$ 100 juta untuk ekspansi di infrastruktur batubara, US$ 100 juta untuk pengembangan bisnis tambang emas, dan sekitar US$ 100 juta untuk segmen alat berat.

Rekomendasi Saham

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai meskipun menurun dibandingkan tahun lalu, tapi dividend yield UNTR di level 6,29% masih terbilang menarik. 

"Dividen itu bonus, sehingga bergantung juga dari tujuan business plan perusahaan berikutnya," kata Nico kepada Kontan.co.id, Rabu (24/4).

Secara kinerja, Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Miftahul Khaer melihat potensi perlambatan kinerja UNTR pada tahun ini. Penyebabnya adalah proyeksi penurunan penjualan di segmen alat berat dan tingkat harga batubara yang masih berpotensi melandai.

Meski begitu, sentimen eksternal dan kondisi nilai tukar saat ini bisa berdampak positif pada komoditas emas. Secara jangka panjang, segmen emas bisa ikut menunjang kinerja UNTR, apalagi dengan adanya potensi pendapatan baru dari hasil ekspansi di bisnis non-batubara.

Sebagai rekomendasi, Khaer menyarankan trading buy saham UNTR dengan target harga Rp 25.927. Nico juga menilai saham UNTR menarik dikoleksi dengan orientasi target harga yang lebih jangka panjang pada level Rp 27.500. 

Adapun, harga saham UNTR mengalami pelemahan 0,40% ke level Rp 24.850 pada perdagangan Rabu (24/4). Jika diukur secara year to date, harga saham UNTR mengakumulasi kenaikan 9,83%.

 

Itulah rekomendasi saham blue chip untuk perdagangan hari ini, Kamis 25 April 2024. Ingat, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×