kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rothschild sudah siapkan US$ 270 juta untuk Bumi


Kamis, 22 November 2012 / 22:47 WIB
Rothschild sudah siapkan US$ 270 juta untuk Bumi
ILUSTRASI. Presiden AS Joe Biden..


Sumber: Bloomberg |

LONDON.  Nathaniel Rothschild berkata ia telah mengumpulkan US$ 270 juta untuk mendanai proposal yang ia masukkan ke Bumi Plc. Persaingan dengan Grup Bakrie yang lebih dulu mengirimkan proposal berlangsung makin seru. 

Dalam email yang dikirim ke Bloomberg hari ini, Rothschild berkata bahwa NR Investment telah menyediakan dana bersama dengan investor-investor yang lain.

“Anggota direksi yang independen perlu mengevaluasi proposal kami yang saat ini tampak sebagai satu-satunya solusi yang dapat berjalan,” ujarnya.

Rothschild mengirimkan proposalnya bulan lalu. Ia hendak menandingi proposal Grup Bakrie yang bernilai US$ 1,2 miliar.

Jurubicara Grup Bakrie Chris Fong mengatakan Bakrie bersedia mempertimbangkan proposal Rothschild. “Mereka terbuka ke apapun yang masuk akal dan bisa bekerja untuk semua pihak,” ujarnya melalui telepon dari Sydney hari ini.

Rothschild, keturunan dinasti bankir Inggris, meminta Samin Tan untuk mundur dari direksi Bumi Plc. “Direksi baru akan mengembalikan kepercayaan,” ujar dia.

Pekan lalu, Tan berkata bahwa ia mendukung penawaran Bakrie. Menurutnya, tawaran Bakris setara dengan £5-£6 per saham. “Jika ada tawaran yang dapat membawa harga saham ke £5-£6 per saham, mengapa tidak kita dukung?” ujarnya dalam wawancara pada 15 November lalu.

Tapi kemudian ia melanjutkan ucapannya, “Jika ada cara lain dan dengan tawaran yang sama atau lebih baik, saya juga akan mendukung. Jika proposal Nat sama atau leih baik, saya tanpa ragu akan mendukungnya.”

Siapa saja yang bersama Rothschild?

Sumber Bloomberg mengatakan bahwa para investor Bumi seperti Schroders Plc, Standard Life Investments, Artemis Investment Management LLP and Abu Dhabi Investment Co. telah setuju untuk mendukung proposal Rothschild.

Selain mereka, miliuner pendiri perusahaan tambang Ivanplats Ltd Robert Friedland juga telah setuju untuk menanamkan US$ 50 juta dalam usaha patungan bersama Rothschild. Financial Times juga telah menulis hal ini, namun sampai sekarang Friedland menolak berkomentar.

Rothschild juga mendapat dukungan dari Hashim Djojohadikusumo, anak begawan ekonomi Indonesia Sumitro Djojohadikusumo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×