: WIB    —   
indikator  I  

Rajin-rajin cek harga Lego

Rajin-rajin cek harga Lego

JAKARTA. Kalau Anda hanya mengenal Lego sebagai mainan anak-anak, Anda salah besar. Lego juga bisa menjadi instrumen investasi yang menghibur.

Tertarik mencoba bermain sambil berinvestasi Lego? Kalau ya, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menentukan mainan Lego yang bisa menjadi sarana investasi.

Kolektor Lego sekaligus Ketua Komunitas Lego Indonesia Yudho Prabowo memaparkan, sebenarnya hukum ekonomi permintaan dan penawaran tetap berlaku buat mainan Lego. Jadi, makin banyak peminatnya, harga seri Lego tersebut bakal makin tinggi.

Biasanya, Lego mempunyai jangka waktu untuk memproduksi suatu item. “Biasanya dua tahun akan produksi terus dan setelah itu akan berhenti,” jelas Subiyanto Hasnida, pendiri Indonesia Lego User Group (Indolug).

Nah, pada saat produksi berhenti, Anda bisa melihat permintaan atas item Lego tersebut di pasar. Kalau ternyata permintaan item tersebut tetap besar dan banyak dicari, harga item tersebut berpotensi naik tinggi di masa depan.

Untuk mengetahui berapa harga pasaran dan berapa persen kenaikan harga dari sebuah Lego, ada beberapa situs yang bisa membantu. Misalnya situs www.bricklink.com dan www.brickpicker.com. Dari kedua situs ini, Anda bisa mencari  nilai Lego yang akan Anda beli atau jual.

Kalau mau membeli Lego yang langka, Anda bisa mencarinya di situs luar negeri atau mendatangi berbagai acara komunitas. Adjie Maulana, Ketua Komunitas Rumah Pelangi, salah satu komunitas Lego, menyarankan untuk membeli dari kolektor langsung. Sebab, biasanya barang kolektor lebih terawat dibandingkan barang dari penjual biasa.

Selamat berburu Lego.


Reporter Andi Muhammad Arief, Lamgiat Siringoringo
Editor Harris Hadinata

INVESTASI LEGO

Feedback   ↑ x
Close [X]