kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendapatan Media Nusantara Citra (MNCN) meningkat 12,23% sepanjang 2019


Senin, 24 Februari 2020 / 17:44 WIB
Pendapatan Media Nusantara Citra (MNCN) meningkat 12,23% sepanjang 2019
ILUSTRASI. Media Nusantara Citra (MNCN) berhasil mengantongi pendapatan sebesar Rp 8,35 triliun sepanjang tahun 2019.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) berhasil mengantongi pendapatan sebesar Rp 8,35 triliun sepanjang tahun 2019. Nilai ini ini tumbuh 12,23% dari pendapatan sepanjang tahun 2018 sebesar Rp 7,44 triliun.

Pada tahun 2019, MNCN memperoleh pendapatan iklan Rp 8,07 triliun atau meningkat dari tahun sebelumnya. Adapun, iklan digital meningkat secara signifikan sebesar 167% secara tahunan menjadi Rp 697,4 miliar dari perolehan sebelumnya Rp 261,1 miliar.

Hary Tanoesoedibjo, Group Chairman MNC Group menuturkan, hal ini terjadi karena MNCN terus memperluas inisiatif digitalnya, khususnya melalui digital broadcast, portal berita, monetisasi media sosial dan suksesnya peluncuran MCN dan RCTI+.

Baca Juga: Surya Citra Media Berkolaborasi dengan MNC, Ini Rekomendasi Analis untuk Saham SCMA

Selain itu, iklan non-digital juga meningkat 6% menjadi Rp 7,37 triliun dari tahun 2018 yang mencapai Rp 6,98 triliun. Iklan non-digital tetap tumbuh dengan baik lantaran perusahaan ini melakukan penerapan berkelanjutan dari iklan non-time consuming dan siaran program yang berbasis sponsor.

Selanjutnya, pendapatan MNCN juga diperoleh dari pendapatan konten, yang mana sepanjang tahun 2019 pendapatan tumbuh 15% menjadi Rp 1,74 triliun ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan pendapatan dari pendapatan lainnya turun 43% pada 2019 menjadi Rp 113,9 miliar dari perolehan 2018 Rp199,8 miliar. Penurunan ini disebabkan oleh perampingan bisnis media cetak dan radio.

Baca Juga: Kenaikan PNBP sektor penyiaran berpotensi menggerus kinerja emiten media

Dengan meningkatnya pendapatan, EBITDA MNCN tercatat tumbuh sebesar 17% menjadi Rp 3,71 triliun pada 2019, pada tahun 2018 EBITDA MNCN sebanyak Rp 3,18 triliun.
Laba bersih MNCN juga melesat 47% sepanjang 2019, MNCN memperoleh laba bersih Rp 2,35 triliun dibandingkan dengan tahun sebelumnya Rp 1,60 triliun.

Nah, pada tahun ini, MNCN bakal menyiarkan berbagai program, misalnya saja Euro 2020, Piala AFC, Indonesian Idol, Billboard Indonesia Music Awards, The Voice Kids, dan banyak lagi.

Sebagai informasi, program pencarian bakat menghasilkan pendapatan tertinggi untuk FTA TV per jam siar. Sejalan dengan itu, acara-acara lainnya juga diprediksi bakal meningkatkan pendapatan iklan MNCN pada tahun 2020.

“Hal tersebut sejalan dengan upaya peningkatan pemanfaatan iklan non-time consuming dan kenaikan harga iklan sebesar 10% pada kuartal pertama 2020 dan tambahan 15% pada kuartal dua 2020 nanti,” kata Hary dalam keterbukaan informasi, Senin (24/2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×