INVESTASI
Berita
Pajak ekspor 0% mengerek harga CPO Malaysia

HARGA CPO

Pajak ekspor 0% mengerek harga CPO Malaysia


Telah dibaca sebanyak 1567 kali
Pajak ekspor 0% mengerek harga CPO Malaysia

KUALA LUMPUR. Harga crude palm oil (CPO) reli untuk hari ketiga pada transaksi perdagangan hari ini (22/1). Data Bloomberg menunjukkan, harga kontrak CPO untuk pengantaran April naik sebesar 1,9% menjadi 2.465 ringgit atau US$ 811 per metrik ton di Malaysia Derivatives Exchange. Ini merupakan level tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 7 Januari lalu.

Kenaikan harga CPO ke level tertinggi dalam dua pekan terjadi akibat adanya ekspektasi bahwa pajak ekspor 0% akan memangkas cadangan CPO di Malaysia.

"Selama pajak ekspor hingga Februari mendatang masih tetap 0%, ekspor CPO akan terangkat. Tentunya cadangan CPO juga akan berkurang," jelas Donny Khor, associate director for futures and options OSK Investment Bank Bhd di Kuala Lumpur.

Berdasarkan prediksi enam analis dan trader yang disurvei Bloomberg, cadangan CPO Malaysia akan turun 16% menjadi 2,2 juta ton pada Maret setelah diberlakukannya pajak 0% pada bulan ini. Kabarnya, Malaysia akan mempertahankan kebijakan pajak 0% ini hingga Februari mendatang dengan tujuan memangkas tingkat cadangan CPO. Per Desember 2012, posisi cadangan CPO Malaysia berada di level rekor tertingginya sebanyak 2,63 juta ton.


Editor: Barratut Taqiyyah
Sumber: Bloomberg
Telah dibaca sebanyak 1567 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • DJP minta caleg dan capres transparan data pajak

    +

    Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan presiden baru sebentar lagi mewarnai tahun 2014

    Baca lebih detail..

  • Akbar Tandjung siap jadi cawapres Jokowi

    +

    Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap maju sebagai bakal calon wakil presiden, termasuk berpasangan dengan Joko Widodo

    Baca lebih detail..