kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemana IHSG bergerak hari ini?


Kamis, 19 Juli 2018 / 09:01 WIB
Kemana IHSG bergerak hari ini?
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia


Reporter: Dian Sari Pertiwi, Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencetak rebound kemarin, dengan penguatan 0,49% ke level 5.890. Pergerakan indeks hari ini diperkirakan terpapar berbagai sentimen. 

Beberapa sentimen yang menjadi pertimbangan pasar hari ini antara lain, penutupan Bursa Amerika Serikat (AS) yang positif kemarin, ditopang laporan kinerja positif dari Morgan Stanley dan sektor saham perbankan. 

Indeks acuan utama Bursa Asia pagi ini juga menguat. Sementara itu, Jepang mencatat surplus neraca perdagangan yang di atas perkiraan pasar. 

Sementara dari dalam negeri, pasar akan menunggu hasil pertemuan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia. BI diperkirakan menahan bunga di level 5,25%. 

Analis Semesta Indovest Sekuritas Aditya Perdana Putra juga memprediksi IHSG masih akan melanjutkan penguatan hari ini. Sentimen laporan keuangan emiten di semester I-2018 masih jadi pendorong indeks saham. "Ada peluang cukup bagus dari sektor keuangan yang sudah mulai merilis laporan kinerja keuangannya," ujar Aditya kemarin (17/7). Oleh karena itu, Aditya menyebut saham-saham sektor keuangan akan menjadi penggerak utama indeks saham hari ini. 

Departemen Riset Valbury Sekuritas Indonesia melihat, isu perang dagang masih menjadi faktor pemberat IHSG hari ini. "Hal ini bisa memberatkan IHSG jika pasar global terutama saham regional Asia mengalami tekanan apabila sentimen perang dagang yang mulai menyentuh Uni Eropa masih menjadi kekhawatiran pasar," tulis Valbury, Kamis (19/7).

Sementara itu, Mega Capital Sekuritas melihat, IHSG akan bergerak fluktuatif dengan pelemahan terbatas hari ini. 

Indeks tampak mengalami konsolidasi dan mencoba bertahan di atas EMA 20, di mana berpeluang menguji resistance level 5.950. "Akan tetapi, stochastic yang bergerak meninggakan wilayah overbought berpotensi membawa indeks terkoreksi ke support level 5.845," tulis Mega Capital. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×