kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini keunggulan investasi emas ala BRANKAS


Selasa, 25 November 2014 / 18:46 WIB
Ini keunggulan investasi emas ala BRANKAS
ILUSTRASI. Promo JSM Superindo Periode 9-11 Juni 2023.


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Dengan diluncurkannya layanan deposit emas dari PT ANTAM (Persero) Tbk (ANTM), maka persaingan bisnis ini pun semakin ketat. Maklum saja, ada pemain lain yang juga berstatus pelat merah, yakni PT Pegadaian (Persero) yang juga memiliki layanan investasi emas yang hampir mirip.

Lantas, apa yang menjadi keunggulan dari program ANTM yang dinamakan Berencana Aman Kelola Emas (BRANKAS) ini? GM Bisnis Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia ANTM Dody Martimbang pun langsung buka-bukaan. "Kami memberikan kemudahan akses bagi para investor," katanya, (25/11).

Dody menjelaskan misalnya, ada anggota BRANKAS yang memiliki domisili di Jakarta. Karena satu dan lain hal, dia perlu mencairkan investasi emasnya tersebut. Nah, kebetulan saat itu sedang berada di Medan. Tapi proses transaksi pencairan emas tersebut tetap bisa dilakukan dari Medan. Jadi, BRANKAS membuat emas seberat maksimal 5 kg seolah-olah berada hanya di dalam satu kartu.

Kelebihan lain yang ditawarkan adalah, harga yang ditawarkan itu lebih murah jika dibanding harga pasar dan harga pabrik. Sebab, ketika melakukan transaksi pembelian emas melalui BRANKAS, emas yang diperoleh bukan merupakan emas fisik, melainkan disimpan secara digital di dalam sistem BRANKAS. Jadi, harganya bisa lebih murah karena tidak dikenakan biaya untuk mencetak emas.

Nah, biaya pencetakan emas baru dikenakan ketika si investor ingin mencairkan emasnya saat jatuh tempo. Tapi, investor masih diberikan sejumlah pilihan ketika masa jatuh tempo tersebut tiba.

Pertama, investor bisa mencairkan investasinya dalam bentuk emas fisik atau menjual emas tersebut sehingga investor memperoleh uang tunai. Tentunya dengan harga fair, sesuai dengan harga pasar saat pencairan.

Atau, investor dapat meningkatkan jumlah jaminan penyimpanannya. Misal, saat pertama menjadi anggota, investor tersebut mendaftar sebagai anggota Individu Basic. Jenis keanggotaan tersebut dikenakan biaya tahunan Rp 300.000 per tahun dengan coverage jaminan logam mulia (LM) maksimal 200 gram.

"Jika masa jatuh tempo datang dan dia punya kelebihan uang, dia bisa meningkatkan saldonya menjadi Individu Gold. Untuk anggota jenis ini, biaya tahunannya Rp 500.000 dan coverage jaminan LM maksimal 500 gram. Tapi, dia tidak perlu menambah Rp 500.000. Karena dia telah menjadi anggota Individu Basic, maka dia cukup menambah saldo Rp 200.000. Jadi, ini bukan top up, ya," tutur Dody.

Keunggulan lain yang tak kalah pentingnya adalah, posisi ANTM yang merupakan perusahaan pelat merah. Lalu, ANTM memiliki tambang dan pabrik pengolahan emasnya sendiri. Emas keluaran ANTM juga telah bersertifikat London Bullion Metal Association.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×