kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG diprediksi masih berfluktuasi, simak rekomendasi saham untuk hari ini (4/3)


Kamis, 04 Maret 2021 / 07:35 WIB
IHSG diprediksi masih berfluktuasi, simak rekomendasi saham untuk hari ini (4/3)


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Setelah berhasil menguat pada perdagangan Rabu (3/3), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih akan bergerak volatil pada perdagangan hari ini. 

Analis BCA Sekuritas Achmad Yaki menjelaskan, pergerakan IHSG akan dipengaruhi oleh fluktuasi harga minyak. "Volatilitas harga minyak terjadi karena belum adanya kesepakatan antara Arab Saudi dan Rusia di OPEC+ dan nanti malam rilis persediaan minyak di Amerika Serikat (AS)," kata dia kepada Kontan.co.id, Rabu (3/3).

Selain harga minyak, IHSG juga akan dipengaruhi oleh kebijakan stimulus pemeritah dan pergerakan nilai tukar rupiah.

Belum lagi, optimisme IMF terkait loan growth perbankan Indonesia, perkembangan bank digital dan rumor aksi akuisisi dan merger juga menjadi katalis tambahan bagi pergerakan IHSG besok. Karenanya, Yaki menyebut saham-saham perbankan menarik diamati untuk momentum trading.

Baca Juga: IHSG menguat 0,28% ke 6.376,75 pada Rabu (3/3), asing catat net buy Rp 522 miliar

BCA Sekuritas memproyeksikan IHSG masih akan berfluktuasi dalam rentang 6.279-6.430 pada Kamis (4/3). Namun, ia bilang pergerakannya rawan profit taking dan cenderung sell on strength kecuali jika IHSG mampu naik ke atas 6.430.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama bilang, pergerakan IHSG masih menanti penetapan Senat AS terkait mengesahkan paket stimulus bantuan Covid-19 dari Presiden AS Joe Biden senilai US$ 1,9 triliun.

Kemudian, rilis data dari Amerika Serikat (AS) terkait ISM Services PMI maupun US Final Services PMI yang diprediksikan terus ekspansif ikut . "Harapan terkait recovery perekonomian global masih terbuka," ujarnya.

Secara teknikal, Nafan bilang, IHSG bergerak berdasarkan rasio fibonacci dengan level suport maupun resisten berada pada 6.256,03 hingga 6.455,53. Sementara indikator MACD, stochastic dan RSI masih menunjukkan sinyal positif. 

Di sisi lain, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga ke depannya dapat berpeluang menuju ke resisten terdekat.

Binaartha Sekuritas pun merekomendasikan saham BBNI, LPKR, LSIP, MEDC, PTRO, WEGE, dan WIKA untuk dicermati pada perdagangan besok.

Selanjutnya: Saham Indo Tambangraya Megah (ITMG) masih atraktif, begini prospeknya ke depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×