kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak mentah ditutup naik tipis, ditopang harapan kenaikan permintaan


Selasa, 23 Maret 2021 / 06:31 WIB
Harga minyak mentah ditutup naik tipis, ditopang harapan kenaikan permintaan
ILUSTRASI. harga minyak rebound usai jalani pekan terburuknya di tahun 2021


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak ditutup stabil pada perdagangan awal pekan ini karena harapan untuk kenaikan permintaan akhir tahun ini membantu menahan aksi jual yang meluas di pekan lalu. Namun, harga minyak tetap di bawah tekanan karena penguncian baru virus corona di Eropa yang membuat kemungkinan pemulihan yang cepat tampaknya mengecil. 

Senin (22/3), harga minyak mentah Brent untuk kontrak pengiriman Mei 2021 ditutup naik tipis 0,1% menjadi US$ 64,62 per barel. 

Sementara itu, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Mei 2021 juga menguat 0,2% ke level $ 61,56 per barel.

Kedua kontrak minyak mentah ini turun lebih dari 6% pada minggu lalu setelah membuat keuntungan stabil selama berbulan-bulan didukung oleh penurunan produksi dan pemulihan permintaan yang diharapkan.

"Minyak (mengalami) minggu terburuknya tahun ini pada pekan lalu karena kekhawatiran meningkat atas kasus Covid-19 yang meningkat di seluruh Eropa," kata ING Bank dalam sebuah catatan. 

"Ini terjadi pada saat ada tanda-tanda yang jelas dari kelemahan di pasar fisik minyak," lanjutnya.

Baca Juga: Harga minyak mentah jatuh Senin (22/3), lockdown Eropa padamkan harapan pemulihan

Pasar fisik minyak berada di bawah tekanan karena penyuling di seluruh dunia, termasuk China dan Amerika Serikat, memulai aktivitas pemeliharaan.

Musim pemeliharaan kilang China akan mencapai puncaknya pada Mei dan mulai meruncing pada Juni, kata para pedagang, menghilangkan beberapa kualitas minyak mentah seperti yang ada di Afrika Barat dari outlet utama mereka.

Di saat yang sama, hampir sepertiga orang Prancis memasuki masa penguncian baru selama sebulan pada hari Sabtu (20/3). Sementara Jerman berencana untuk memperpanjang pengunciannya menjadi bulan kelima, menurut rancangan proposal pemerintah.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memperingatkan pada hari Senin bahwa gelombang ketiga infeksi Covid-19 yang melanda seluruh Eropa dapat menuju ke Inggris.

"Kampanye vaksinasi belum secepat yang diharapkan pasar dan akibatnya hal ini akan berdampak pada pemulihan permintaan minyak, yang pada gilirannya merugikan harga," kata Louise Dickson, analis pasar minyak di Rystad Energy.

Sementara pemulihan ekonomi yang luas masih sulit dipahami. Kepala Eksekutif Saudi Aramco Amin Nasser optimistis dengan prospek jangka panjang untuk pengekspor minyak utama dunia itu.

Pada hari Minggu, Nasser mengatakan permintaan minyak global berada di jalur yang tepat untuk mencapai 99 juta barel per hari (bph) pada akhir 2021.

"Sementara saya pikir permintaan akan meningkat lebih lanjut karena lebih banyak negara melonggarkan pembatasan perjalanan dalam beberapa bulan mendatang, dampak dari hal ini akan diimbangi dengan peningkatan pasokan minyak," ungkap Fawad Razaqzada, analis pasar di ThinkMarkets.

"OPEC+ akan melonggarkan pembatasan pasokan secara perlahan, sementara produksi serpih AS kemungkinan akan meningkat karena harga minyak yang menarik lagi. Secara keseluruhan, saya tidak dapat melihat harga minyak naik secara signifikan lebih jauh."

Baca Juga: Wall Street ditutup melesat, sektor teknologi jadi penopang utama

"Saya pikir Brent akan berjuang untuk bertahan di atas US$ 70 dan memperkirakan WTI akan mencapai rata-rata sekitar US$ 60 per barel pada tahun 2021," tambahnya.

OPEC+, telah melakukan pemotongan produksi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menyeimbangkan pasar global setelah permintaan anjlok selama pandemi Covid-19.

Sementara itu, pengebor AS mulai memanfaatkan lonjakan harga baru-baru ini, menambahkan rig terbanyak sejak Januari dalam pekan yang berakhir Jumat lalu.

Selanjutnya: Harga emas spot ditutup melemah tipis 0,3% ke US$ 1.739 per ons troi, ini penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×