: WIB    —   
indikator  I  

Harga emas menunggu sinyal The Fed

Harga emas menunggu sinyal The Fed

KONTAN.CO.ID - Setelah turun pada perdagangan kemarin, harga emas kembali ke posisi awal pekan. Rabu (13/9) pukul 7.59 WIB, harga emas untuk pengiriman Desember 2017 di Commodity Exchange menguat ke level US$ 1.335,70 per ons troi, sama dengan posisi awal pekan.

Selasa (12/9), harga emas melorot ke US$ 1.332,70 setelah adanya pengumuman sanksi tambahan bagi Korea Utara dari Dewan Keamanan PBB. "Dampak Korea Utara terhadap harga emas masih ada, tapi akan terbatas," kata Bernard Dahdah, analis Natixis kepada CNBC.

Nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) yang melemah dan tensi Korea Utara selama ini menjadi tenaga kenaikan harga emas. Harga emas sudah naik 14,58% sejak awal tahun. Kenaikan harga emas ini bahkan lebih tinggi ketimbang Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang cuma 10,87% sejak awal tahun.

Setelah tensi Korea Utara mereda, pasar emas mengalihkan perhatian pada bank sentral AS, The Federal Reserve yang akan menggelar pertemuan pekan depan. Asal tahu, harga emas cenderung sensitif terhadap pergerakan suku bunga acuan, terutama suku bunga AS. 


Reporter Wahyu Tri Rahmawati
Editor Wahyu Rahmawati

HARGA EMAS HARI INI

Feedback   ↑ x
Close [X]