kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Capitalinc cari utangan untuk penuhi capex


Rabu, 27 Juni 2012 / 16:34 WIB
Capitalinc cari utangan untuk penuhi capex
ILUSTRASI. Bursa Rabu 9/6 segera dimulai, simak rekomendasi 3 saham untuk trading hari ini


Reporter: Anna Suci Perwitasari |

JAKARTA. PT Capitalinc Investment Tbk (MTFN) menganggarkan belanja modal alias capital expenditure (capex) senilai US$ 20 juta di tahun 2012. Anggaran untuk capex tersebut akan berasal dari pinjaman.

"Berasal dari institusi keuangan dan perbankan. Saat ini kami tengah menjajaki beberapa pihak untuk pinjaman tersebut," kata Direktur MTFN Theodore Pun dalam paparan publik, Rabu (27/6).

Theodore meyakini perusahaannya akan segera mendapatkan pendanaan tersebut mengingat saat ini blok Tonga sudah mulai berproduksi. "Funding akan lebih mudah karena Tonga sudah berproduksi," tambahnya.

Blok Tonga di Sumatra Utara ini memiliki cadangan minyak 11 juta barel, blok minyak Air Komering PSC di Sumatera Selatan dengan 280,7 juta barel. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki blok minyak Seinangka Senipah PSC di Kalimantan Timur, yang punya cadangan 27 juta barel.

Ada pula blok lain yang dimiliki MTFN yakni blok gas Suci di Jawa Timur dan blok East Kangean di lepas pantai Lombok. Masing-masing blok tersebut memiliki cadangan gas sebesar 3,5 Trillion Cubic Feet (TCF) dan 928 Billion Cubic Feet (BCF).

MTFN pun masih punya Blok Ibul di Sumatera Selatan. Blok itu memiliki cadangan minyak sebanyak 8,7 juta barel. Manajemen MTFN pernah bilang, blok tersebut siap menghasilkan karena sudah dalam tahap eksploitasi. Sekadar catatan, perusahaan minyak membutuhkan kegiatan eksplorasi paling cepat 1,5 tahun, sebelum masuk ke tahap eksploitasi.

Selain itu, tahun ini perusahaan akan melakukan divestasi kepemilikan saham di anak usahanya yaitu PT Aerta Air Tangerang dan PT Capitalinc Finance. Untuk Aerta saat ini MTFN memiliki penyertaan pada AAT sebesar Rp 100 juta atasu sebesar 5% dari seluruh saham yang dikeluarkan oleh dan disetor penuh pada AAT.

Sementara di Capitalinc Finance memiliki penyertaan sebesar Rp 26,03 miliar atau sebesar 94,85% dari seluruh saham yang dikeluarkan oleh dan disetor penuh pada CF. "Tapi nilai buku untuk Aerta itu sebesar Rp 9 miliar dan CF sebesar RP 45 miliar," kata Direktur MTFN Budi Prihantoro.

Saham emiten dengan kode saham MTFN ini ditutup minus 30poin atau 8,82 % ke Rp 310.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×