kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukit Asam fokus garap PLTU dan tingkatkan jalur kereta


Senin, 20 Agustus 2018 / 08:07 WIB
Bukit Asam fokus garap PLTU dan tingkatkan jalur kereta
ILUSTRASI. Batubara


Reporter: Auriga Agustina | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bukit Asam Tbk (PTBA) telah menyusun strategi pengembangan bisnis dengan tiga strategi. Emiten ini fokus pada peningkatan konsumsi batubara, meningkatkan kapasitas angkutan kereta api dan mengembangkan bisnis PLTU.

PTBA memperkirakan konsumsi batubara domestik bakal tumbuh 7,9%. PTBA optimistis konsumsi batubara bakal meningkat. Pasalnya, dari rencana pemerintah meningkatkan kapasitas produksi listrik dengan program pembangkit listrik 35 gigawatt (GW), sebanyak 20 GW di antaranya merupakan PLTU.

Saat ini PTBA tengah dalam proses kerjasama membangun PLTU Sumsel 8 yang berkapasitas 2x620 megawatt (MW). Nilai investasi proyek ini sebesar US$ 1,6 miliar.

Corporate Secretary PTBA Suherman menambahkan, PTBA juga merambah energi terbarukan dengan mengikuti tender PLTS berkapasitas 100 MW. Hingga saat ini tender PLTS tersebut masih dalam evaluasi PLN. Suherman menyatakan pihak PTBA belum mengetahui evaluasi apa yang dilakukan oleh PLN.

PTBA juga akan meningkatkan jalur kereta api dengan menambah kapasitas hingga 30 juta ton per tahun. Proyek ini ditargetkan akan selesai pada tahun 2020.

Terkait prospek PTBA bagi investor, Senior Advisor CSA Research Reza Priyambada menilai, saham PTBA layak untuk dilirik. Sebab, PTBA selalu mengalami pertumbuhan yang signifikan selama tiga tahun terakhir.

Sepanjang semester I-2018, PTBA membukukan kinerja yang apik dengan pencapaian pendapatan sebesar Rp 10,5 triliun, naik 17,4% dibandingkan semester I-2017. Sementara, laba bersih mencapai Rp 2,6 triliun, naik 49,4% dibanding semester I-2017.

Kepala Riset Narada Asset Management Kiswoyo Adi Joe memandang strategi pengembangan bisnis PTBA memiliki prospek baik ke depan. Saat ini kapasitas kereta masih terbatas, sehingga menambah rel baru adalah hal yang sangat tepat dilakukan oleh PTBA, ujar Kiswoyo.

Kiswoyo menilai investor bisa masuk membeli saham PTBA saat ini. Harga saat ini, Rp 4.120 per saham, masih jauh di bawah harga wajarnya, yaitu Rp 5.000 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×