kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Blue Bird (BIRD) dukung beleid kendaraan listrik, analis rekomendasi beli saham BIRD


Rabu, 11 September 2019 / 18:19 WIB
Blue Bird (BIRD) dukung beleid kendaraan listrik, analis rekomendasi beli saham BIRD
ILUSTRASI. Kerjasama layanan berbasis IoT Telkomsel dengan Blue Bird


Reporter: Yasmine Maghfira | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Jokowi telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Baterry Electric Vehicle) untuk Transportasi jalan yang resmi diundangkan sejak 12 Agustus 2019 lalu. 

Berdasarkan salinan perpres tersebut, beleid itu mengatur kendaraan bermotor listrik (KBL) berbasis baterai yang dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu KBL roda dua, roda tiga, dan roda empat atau lebih.

Terbitnya peraturan itu disambut baik oleh emiten yang bersangkutan. Salah satunya PT Blue Bird Tbk (BIRD) yang menyediakan transportasi taksi listrik.

Direktur PT Blue Bird Tbk Sigit Priawan Djokosoetono menyatakan perusahaan menyambut baik terbitnya peraturan tersebut dan akan mendukung keputusan pemerintah. Terlebih lagi, emiten subsektor transportasi itu sudah lebih dulu menyediakan armada taksi listrik sebelum perpes tersebut dirilis.

Sebelumnya, BIRD telah merealisasikan 30 armada taksi listrik, dengan rincian 25 unit mobil listrik pabrikan BYD dan lima unit Tesla di jajaran produk Blue Bird dan Silver Bird. Perusahaan juga berencana menambahkan sebanyak 200 unit taksi listrik secara bertahap.

Sigit mengatakan pertambahan jumlah unit tersebut masih dalam kajian. Namun, BIRD menargetkan pertambahan bertahap mulai tahun 2020 hingga 2021. Sementara, penambahan unit di tahun 2019 untuk program taksi listrik Blue Bird yang juga disebut dengan electrified vehicle (EV) itu tidak akan ada.

"Tahun ini, program EV sudah selesai dan unitnya cukup. Kami akan review dulu armada yang sudah ada dari segi operasional sembari melihat rencana program EV untuk tahun 2020," ujar Sigit kepada Kontan.co.id Rabu (11/9). 

Program electrified vehicle Blue Bird saat ini juga sebenarnya masih dalam tahap uji coba. Oleh karena itu, menurut Sigit perusahaan sangat terbuka mengenai pemilihan tipe kendaraan. Meskipun saat ini BIRD menggunakan armada taksi listrik dengan mobil BYD dan Tesla, BIRD tidak menutup kemungkinan akan berganti armada di program selanjutnya. 

Baca Juga: Telkomsel mengimplementasikan IoT ke armada Blue Bird

"Kami terbuka untuk tipe perusahaan jika perlu berganti. Namun, kami masih mengkaji berdasarkan unit yang ada sehingga belum memutuskan untuk program tahun depan," tambah Sigit.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×