: WIB    —   
indikator  I  

Aksi jual investor asing di BEI mulai terbatas

Aksi jual investor asing di BEI mulai terbatas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa hari terakhir, investor asing mulai mencatatkan pembelian bersih (net buy) di pasar saham domestik. Hal ini menjadikan asing berada di posisi net buy pada minggu ini dengan mencatatkan pembelian sebesar Rp 2,17 triliun. Padahal dalam beberapa bulan belakangan, asing berturut-turut mencatatkan net sell.

Analis First Capital Asia David Nathanael Sutyanto menilai, saat ini asing masih keluar-masuk dari bursa. Ia mengatakan, asing masih belum terlalu yakin untuk masuk ke pasar Indonesia. "Lebih ke arah wait and see," katanya kepada KONTAN, Jumat (24/11).

Menurut David, hal ini diperkuat dengan posisi net sell yang dibukukan pemodal asing pada perdagangan intraday, hari ini.

Saat ini, menurut David, asing masih dalam upaya untuk melakukan rebalancing terhadap investasi-investasinya yang ada di Indonesia, kemudian mereka akan melakukan wait and see terlebih dahulu.

Meski demikian, David mengatakan, bahwa aksi jual asing juga sudah mulai terbatas. Apalagi, asing sudah mencatatkan net sell di angka yang hampir menyentuh Rp 30 triliun, sehingga ruang gerak bagi net sell sudah tidak sekencang beberapa waktu sebelumnya.

Lanjutnya, ruang untuk net sell kemungkinan akan terjadi di bulan Desember, seiring dengan adanya musim liburan pada akhir tahun. "Namun jumlahnya akan terbatas," kata David.


Reporter Elisabet Lisa Listiani Putri
Editor Dupla Kartini

BURSA EFEK / BURSA SAHAM

Feedback   ↑ x