kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ace Hardware tambah 15 gerai lagi pada 2018


Jumat, 24 November 2017 / 19:05 WIB
Ace Hardware tambah 15 gerai lagi pada 2018


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah menambah 15 gerai pada tahun ini, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) masih berniat ekspansi gerai pada 2018. Perusahaan akan fokus menambah gerai di luar Pulau Jawa untuk memeratakan peta pertokoan milik perseroan di Indonesia.

Helen Tanzil, Sekretaris Perusahaan ACES menyampaikan, masih ada kemungkinan untuk menambah satu gerai lagi di akhir tahun ini. Sedangkan untuk tahun depan, target gerai baru sama dengan tahun ini.

"Tahun depan kami masih merencanakan pembukaan gerai 10-15 toko," jelas Helen kepada KONTAN, Jumat (24/11). Target pembukannya akan dibagi rata pada semester pertama dan kedua tahun depan.

Menurutnya, pasar luar Jawa bakal semakin diintensifkan lantaran mencatat pertumbuhan penjualan setiap gerai atau same store sales growth (SSSG) yang lebih baik daripada gerai di Pulau Jawa. Asal tahu saja, SSSG luar Jawa dalam sepuluh bulan terakhir hampir mencapai 13%, menyalip pertumbuhan di area Jawa yang berkisar 9%-11%.

Helen menyatakan, kondisi ini berbanding terbalik dengan keadaan tahun lalu di mana Jabodetabek masih melampaui area lainnya.

Kontribusi pendapatan dari Jabodetabek dan pulau Jawa memang masih unggul dengan porsi 70%, namun tren daya beli untuk area seperti Kalimantan dan Sumatra tidak bisa dilihat remeh lantaran menjadi ladang sektor industri komoditas yang terus menanjak.

"Gerai baru di Jakarta dan Jawa akan tetap bertambah namun tidak sebanyak area luar pulau Jawa," katanya.

Sebagai gambaran, total pertumbuhan SSSG ACES untuk kinerja sembilan bulan di 2017 sudah tercatat 11%. Untuk tahun depan, Helen optimistis ada tambahan 5%.

Satu kekhawatiran yang mungkin dilihat adalah penambahan gerai baru dapat menyebabkan kanibalisme pada gerai lama di kota yang sama. Namun, kata Helen, ekspansi gerai merupakan langkah pemerataan yang seharusnya memudahkan akses konsumen pada produk ACES.

"Kami juga melihat dalam jangka waktu sekitar dua tahunan, pasti akan kembali stabil, membaik antara gerai lama dan gerai barunya," ujar Helen. Akibatnya potensi penutupan gerai dirasa hampir tidak akan terjadi.

Dalam catatan KONTAN, ACES telah memiliki sekitar 142 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Gerai terbarunya terletak di Living Plaza, Purwokerto, Jawa Tengah dengan luas area sekitar 3.184 meter persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×