kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini penyebab belanja online emas makin marak


Rabu, 19 Juli 2017 / 05:15 WIB
Ini penyebab belanja online emas makin marak


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. E-commerce makin marak menjajakan emas bersertifikat PT Aneka Tambang (Antam). Selasa (18/7) Bukalapak menyajikan fasilitas bernama BukaEmas yang memungkinkan masyarakat untuk menjual dan membeli logam mulia secara online.

Selasa (18/7) harga pecahan 1 gram emas Antam berada masih berada di level Rp 587.000. Deddy Yusuf Siregar, analis PT Asia Tradepoin Futures mengatakan prospek harga emas Antam untuk jangka panjang hingga akhir tahun cenderung masih melemah. "Pelemahan harga terjadi baik di emas Antam maupun di pasar spot," kata Deddy.

Pergerakan harga emas Antam dipenagruhi nilai tukar rupiah. "Kalau rupiah turun, harga emas cenderung melemah juga. Sekarang tinggal lihat apakah diakhir tahun harga emas Antam mampu menyentuh ke level support (batas bawah) di Rp 580.000 per gram atau tidak," kata Deddy.

Sekadar inforemasi, harga acuan emas Antam Selasa untuk pecahan 1 gram Rp 587.000.

Melemahnya harga emas Antam ini bila dikaitkan dengan tren penjualan emas melaui portal online, Deddy artikan menjadi salah satu faktor tren tersebut populer. "Mungkin salah satu faktor munculnya tren penjualan emas online karena turunnya harga emas," kata Deddy.

"Permintaan banyak terjadi pada emas Antam di saat harganya murah," kata Deddy. Maka tak heran bila e-commerce memanfaatkan banyaknya permintaan ini dengan turur menjajakan emas Antam di katalog mereka.

Bagi investor yang sering menggunakan teknologi pembelian emas melalui e-commerce bisa mempermudah transaksi pembelian. Namun, Deddy menyarankan bagi investor yang ingin tau lebih banyak mengenai berinvestasi di emas atau bagi investor baru baiknya langsung mendatangai kantor Antam atau perwakilan resmi Antam.

Setelah membeli emas baik secara online maupun langsung, Deddy mengatakan bila tidak ingin repot emas bisa disimpan sendiri. "Emas ini likuid dan sifatnya juga sebagai lindung nilai," kata Deddy. Akan tetapi, investor harus mempertimbangkan risiko kehilangan atau kerusakan yang mungkin terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×