kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL Axiata (EXCL) bersinergi dengan penyedia layanan OTT, begini bentuknya


Rabu, 08 Juli 2020 / 18:35 WIB
XL Axiata (EXCL) bersinergi dengan penyedia layanan OTT, begini bentuknya
ILUSTRASI. XL Axiata mencatat pendapatan data menyumbang 91% dari total pendapatan sebesar Rp6,5 triliun pada triwulan pertama tahun 2020.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL), selaku salah satu penyedia operator seluler di Indonesia telah menjalin sinergi dan kerjasama dengan para penyedia layanan over the top (OTT), salah satunya adalah dengan penyedia layanan video on demand (VOD) Netflix. 

Group Head Corporate Communication EXCL Tri Wahyuningsih mengatakan, kerjasama bisnis antara EXCL dengan dengan Netflix dilakukan terutama kerjasama dalam bidang Co-Marketing yang memungkinkan kedua belah pihak untuk saling mempromosikan konten dan keunikan fitur produk.

Baca Juga: EXCL terus meraup untung saat pandemi berlangsung, prospek sahamnya begini

“Dengan kerjasama tersebut, pelanggan XL Axiata diberikan kemudahan dan kenyamanan untuk dapat mengakses layanan streaming Netflix sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” ujar Tri Wahyuningsih kepada Kontan.co.id, Rabu (8/7).

Dia melanjutkan, selain dengan Neflix, EXCL juga menjalin kerjasama dengan mitra penyedia konten video lainnya/OTT, seperti misalnya Vidio, genflix, Viu, Google, Youtube, Facebook, Instagram, hingga TikTok.

Adapun kerjasama yang dilakukan EXCL dengan mitra OTT tersebut tentunya berdasarkan kesepakatan bersama yang saling mendukung. Termasuk melalui skema revenue sharing dan skema bundling.

Saat ini XL sebagai operator seluler di bawah naungan EXCL masih menyediakan layanan paket video streaming termasuk untuk layanan Netflix. 

“Karena video streaming semakin menjadi tren. Dan pengguna XL yang mengakses video streaming, termasuk Netflix, sejak dulu juga selalu meningkat,” jelas perempuan yang akrab disapa Ayu ini.

Baca Juga: XL Axiata mengepung calon ibu kota baru dengan fiberisasi jaringan di Kalimantan

Asal tahu saja, layanan over-the-top adalah layanan dengan konten berupa data, informasi atau multimedia yang berjalan melalui jaringan internet. Nah,layanan OTT bisa dikatakan menumpang karena  layanan ini beroperasi di atas jaringan internet milik sebuah operator telekomunikasi, sebut saja Youtube, Netflix, Iflix, Vidio, Viu, Instagram, hingga TikTok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×