kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WIKA Group Peroleh Kontrak Rp 3,84 Triliun di Proyek IKN


Sabtu, 17 Juni 2023 / 07:05 WIB
WIKA Group Peroleh Kontrak Rp 3,84 Triliun di Proyek IKN


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) Group mencatatkan total kontrak yang diperoleh mencapai Rp 3,48 triilun di proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Di antara deretan proyek tersebut, WIKA menjadi kontraktor pelaksana pada pembangunan Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau - SP. Tempadung dan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur.

“Kedua proyek ini dibangun dalam rangka mendukung konektivitas di Ibu Kota Negara,” ujar Sekretaris Perusahaan WIKA Mahendra Vijaya dalam siaran pers, Jumat (16/6).

Pembangunan Jalan Tol Segmen 3B KKT Kariangau - SP. Tempadung itu terbentang sepanjang 7,3 KM yang menghubungkan antara wilayah Kota Balikpapan - Kabupaten Penajam Paser Utara.

Baca Juga: Ini Strategi Wijaya Karya (WIKA) Melakukan Transformasi

Jalan tol tersebut merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol Menunjang IKN di Provinsi Kalimantan Timur yang diharapkan dapat memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju kawasan inti IKN yang sebelumnya sekitar 2 jam menjadi 30 menit.

Dalam pembangunannya, WIKA, yang tergabung dalam KSO bersama dengan PP-JAKON dengan total pekerja lebih dari 400 pekerja, telah mengerjakan proyek tersebut hingga mencapai progres 24%.

“Tidak hanya itu, WIKA juga menargetkan fase pengaspalan dapat dilakukan pada kuartal IV 2023 ini,” tutur dia.

Baca Juga: Suntikan PMN Bukan Solusi Kesehatan BUMN

Lalu, progres pada proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur telah mencapai 31%. Proyek tersebut membentang sepanjang 3,27 KM di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

Mahendra mengatakan, proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur dikerjakan oleh WIKA-BPP-SPT KSO dikerjakan oleh lebih dari 500 pekerja. Selain itu, proyek tersebut juga akan disertai dengan Multi-Utility Tunnel (MUT) untuk menampung semua jaringan pipa air hingga fiber optik dan kabel listrik di IKN.

“Kehadiran MUT bertujuan agar pemasangan jaringan kabel tidak lagi dilakukan di atas permukaan tanah, sekaligus memudahkan dari sisi perawatan terhadap jaringan-jaringan yang terpasang,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×