kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WIKA Ambil Bagian dalam Proyek Pengelolaan Air Limbah Jakarta Senilai Rp 3,33 Triliun


Senin, 26 Desember 2022 / 18:20 WIB
WIKA Ambil Bagian dalam Proyek Pengelolaan Air Limbah Jakarta Senilai Rp 3,33 Triliun
ILUSTRASI. Wijaya Karya (WIKA) kembali menambah perolehan kontrak di pengujung tahun 2022.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) kembali menambah perolehan kontrak di pengujung tahun 2022. Emiten konstruksi plat merah ini tergabung dalam Konsorsium Obayashi - Jaya Konstruksi - JFE Engineering untuk mengerjakan Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) dengan nilai kontrak Rp 3,33 triliun.

Penunjukan proyek ini dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kesepakatan tertuang dalam Kontrak Kerjasama yang ditandatangani oleh PPK Air Minum dan Sanitasi Satker Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Wilayah Jakarta Metropolitan, Sean Alva Yasin dengan Masao Hino sebagai perwakilan Konsorsium, Kamis (22/12).

Proyek gagasan Kementerian PUPR ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan melalui pelayanan air limbah domestik yang berkualitas di DKI Jakarta. Proyek ini menjadi salah satu prioritas pembangunan infrastruktur air limbah di DKI Jakarta yang diharapkan dapat melayani 80% populasi pada Kawasan Pluit dan ditargetkan dapat beroperasi dalam 54 bulan.

Baca Juga: Pemerintah Bangun Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Jakarta Senilai Rp 3,3 T

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito menyampaikan bahwa dalam KSO Obayashi - WIKA - Jakon - JFE ini, WIKA memiliki porsi sebesar 20%. WIKA akan mengerjakan JSDP Zona 1 yang berlokasi di Pluit, Jakarta Utara. Targetnya akan melayani 3 Kota Administrasi yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

“Proyek ini wujud dukungan WIKA untuk peningkatan kesehatan masyarakat Jakarta yang bebas limbah melalui pembangunan sistem Pengelolaan Air Limbah Terpusat,” ujar Agung dalam siaran pers, Senin (26/12).

Baca Juga: Targetkan Kuasai Pasar Kendaraan Listrik di Atas 20%, IBC Ambil Alih Saham GESITS

Adapun lingkup pekerjaan WIKA dalam proyek ini berupa pengerjaan konstruksi stasiun pompa menggunakan pneumatic caisson, dan untuk sistem pengolah limbah. Desainnya menggunakan teknologi A2O+ Membrane Bio Reactor dengan high rate filter.

Agung bilang, proyek ini menambah rekam jejak WIKA dalam mengerjakan infrastruktur pengelolaan air di DKI Jakarta. Saat ini, WIKA sedang mengerjakan Proyek Sudetan Ciliwung Kanal Banjir Timur. WIKA telah menyelesaikan pembangunan Rumah Pompa Air Sention - Ancol.

Agung berharap dengan dukungan dari Kementerian PUPR, Pemerintah Daerah DKI Jakarta, KSO Obayashi - WIKA - Jakon - JFE dapat melaksanakan pekerjaan sesuai target waktu dan tepat mutu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×