kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waskita Karya (WSKT) akan Rampungkan Ruas Bocimi dan Cimanggis-Cibitung di Akhir 2022


Senin, 19 September 2022 / 07:51 WIB
Waskita Karya (WSKT) akan Rampungkan Ruas Bocimi dan Cimanggis-Cibitung di Akhir 2022
ILUSTRASI. PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) fokus menyelesaikan proyek ruas tol Bocimi dan ruas Cimanggis ? Cibitung seksi 2.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) fokus menyelesaikan proyek ruas tol Ciawi – Sukabumi seksi 2 (Bocimi) dan ruas Cimanggis – Cibitung seksi 2 (CCT). Rencananya, kedua ruas tol itu akan selesai pengerjaannya pada akhir tahun 2022.

SVP Corporate Secretary PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) Novianto Ari Nugroho memaparkan, ruas Bocimi diharapkan meningkatkan aksesibilitas kawasan sekaligus mendistribusikan lalu lintas antara Kota Jakarta dan Sukabumi. Akses jaringan jalan yang baru ini dapat menumbuhkan sektor pariwisata sehingga dapat meningkatkan perekonomian serta menciptakan lapangan kerja.

Sementara ruas Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 KM adalah bagian dari JORR II, jalan lingkar luar yang dibangun untuk mengatasi beban over load JORR I. Ruas ini membentang dari Cengkareng - Kunciran - Serpong - Cinere - Jagorawi - Cimanggis - Cibitung - Cilincing sepanjang 110 KM. Ruas tol ini dapat mempermudah aksesibilitas/mobilisasi kendaraan dari Jawa Barat ke kota Jakarta ataupun sebaliknya.

Baca Juga: Membebani APBN, Anggota DPR Ini Minta Waskita Tidak Bergantung PMN

Ruas tersebut juga masuk dalam rencana pengembangan sub pusat perkotaan antara lain Serpong, Cinere, Cimanggis, Cileungsi, Setu, dan Tambun/Cikarang. Kemudian sebagai jalur kegiatan logistik yang dapat meningkatkan pengembangan wilayah dan pertumbuhan ekonomi daerah maupun Nasional.

“Untuk ruas tol Bocimi penyelesaian pembangunannya masih membutuhkan tambahan alokasi dana PMN 2022, tapi dipastikan tetap akan rampung pada Desember 2022. Sementara untuk ruas tol Cimanggis – Cibitung juga akan selesai diakhir tahun ini, ditambah WTR telah melakukan share swap 55% kepemilikan sahamnya di CCT kepada PT Sarana Multi Infrastruktur untuk mempercepat penyelesaian dan beroperasinya seluruh segmen ruas tol Cimanggis - Cibitung pada tahun 2023,” jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (19/9).

Ruas tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 mendapat alokasi dana PMN 2021 sebesar Rp 637 miliar melalui anak usaha Waskita Karya yaitu PT Waskita Toll Road (WTR) kepada PT Trans Jabar Tol (TJT). Saat ini progres pembangunan telah mencapai 86,22% pada segmen Cigombong – Cibadak sepanjang 11,9 km dan diproyeksikan akan selesai pada bulan Desember 2022.

Baca Juga: Waskita Karya (WSKT) Raih Kontrak Rp 262 Miliar dari Amman Mineral Nusa Tenggara

Sementara Pada ruas tol Cimanggis – Cibitung Seksi 2A mendapat alokasi dana PMN sebesar Rp 622 miliar melalui PT Cimanggis Cibitung Toll Ways (CCT). Saat ini progres pembangunan telah mencapai 86,87% yaitu pada segmen Jatikarya – Cikeas sepanjang 3,4 km diproyeksikan akan selesai Januari 2023 dan beroperasi seluruhnya pada bulan Desember 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×