kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45882,93   -5,57   -0.63%
  • EMAS933.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Warren Buffett melepas saham bank, masuk saham-saham pabrik obat


Rabu, 17 Februari 2021 / 07:15 WIB
Warren Buffett melepas saham bank, masuk saham-saham pabrik obat

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - NEWYORK. Perusahaan investasi milik Warren Buffett, Berkshire Hathaway Inc, pada hari Selasa (16 Februari 2021) mengungkapkan perubahan investasinya, lewat laporan kepada otoritas pasar modal Amerika Serikat (SEC).

Pengumuman itu menunjukkan bahwa Berkshire telah mengurangi sahamnya di Wells Fargo & Co. Berkshire bahkan melepas saham di JPMorgan Chase & Co, M&T Bank Corp, serta saham PNC Financial Services Group Inc.

Sekadar catatan, menurut Reuters, Bershire masih menjadi investor utama di Bank of America Corp. 

Doug Kass, mitra pengelola Seabreeze Capital Investment Inc di Palm Beach, Florida, menduga-duga alasan kepemilikan saham bank diturunkan oleh Berkshire.

Mungkin tindakan itu mencerminkan kekhawatiran Buffett tentang suku bunga rendah yang terus-menerus berlangsung dan kerugian akibat kredit macet terkait virus corona, kata dia seperti dikuti Reuters.

Baca Juga: Rahasia Warren Buffett tetap keluar sebagai pemenang meski lakukan 3 kesalahan besar

Laporan tertanggal 31 Desember 2021 pada hari Selasa itu juga mengungkapkan beberapa investasi terbaru Berkshire. 

Pertama, mereka memiliki saham di perusahaan telepon Verizon Communications Inc senilai mengungkapkan US$ 8,6 miliar.  Kedua, mereka juga mengungkapkan kepemilikan saham pada perusahaan minyak Chevron Corp senilai US$ 4,1 miliar.

Di luar dua investasi baru itu, Reuters menulis, Berkshire juga mengungkapkan kepemilikan saham baru senilai US$ 499 juta di perusahaan layanan profesional Marsh & McLennan Cos.

Harga saham Verizon naik 3,0% dan harga saham Chevron naik 2,2% setelah pengungkapan itu terbaca oleh publik.

Konglomerat yang berbasis di Omaha, Nebraska, ini memiliki lebih dari 90 bisnis termasuk asuransi mobil Geico, rel kereta api BNSF, dan es krim Dairy Queen.

SEC telah beberapa kali selama bertahun-tahun membiarkan Berkshire diam-diam berinvestasi di perusahaan, untuk menghindari investor membonceng pilihan Buffett dan menaikkan harga saham perusahaan sebelum Berkshire selesai membeli.

Berkshire juga berinvestasi lebih banyak pada pembuat obat Abbvie Inc, Bristol-Myers Squibb Co, dan Merck & Co, sembari menjual sebagian kecil saham pada pabrik pembuat vaksin COVID-19 Pfizer Inc.

Baca Juga: Warren Buffett membuat tiga kesalahan besar akhir-akhir ini

Berkshire harus memberikan rincian lebih lanjut tentang investasinya ketika merilis hasil akhir tahun dan surat pemegang saham tahunan Buffett pada 27 Februari 2021 mendatang.

Selanjutnya: Warren Buffett sarankan 33 buku ini kepada pemegang saham Berkshire Hathaway

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×