kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Tumbang, Nasdaq Terjun 2% Pada Selasa (6/12)


Rabu, 07 Desember 2022 / 05:36 WIB
Wall Street Tumbang, Nasdaq Terjun 2% Pada Selasa (6/12)
ILUSTRASI. Wall Street melemah pada hari Selasa (6/12), dengan S&P 500 turun di hari keempat berturut-turut.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street melemah pada hari Selasa (6/12), dengan S&P 500 memperpanjang penurunan beruntun di hari keempat. Investor gelisah atas kenaikan suku bunga Federal Reserve dan pembicaraan lebih lanjut tentang resesi yang membayangi.

Selasa (6/12), Dow Jones Industrial Average turun 350,76 poin atau 1,03% menjadi 33.596,34. Indeks S&P 500 melorot 57,58 poin atau 1,44% ke 3.941,26. Nasdaq Composite anjlok 225,05 poin atau 2% ke posisi 11.014,89.

Meta Platforms Inc menyeret turun pasar, dengan harga sahamnya merosot 6,8% menyusul laporan bahwa regulator Uni Eropa telah memutuskan perusahaan tidak boleh meminta pengguna untuk menyetujui iklan yang dipersonalisasi berdasarkan aktivitas digital mereka.

Saham-saham teknologi umumnya tertekan karena investor menerapkan kehati-hatian terhadap perusahaan dengan pertumbuhan tinggi yang kinerjanya akan lamban dalam perekonomian yang penuh tantangan. Harga saham Apple Inc, Amazon.com Inc dan Alphabet Inc turun antara 2,5% dan 3%. Sementara Nasdaq yang padat teknologi merosot di hari ketiga berturut-turut.

Sebagian besar dari 11 sektor S&P utama menurun. Sektor layanan energi dan komunikasi bergabung dengan teknologi sebagai penghambat utama. Utilitas, sektor defensif yang sering disukai selama masa ketidakpastian ekonomi, adalah satu-satunya pengecualian dan menguat 0,7%.

Baca Juga: IHSG Berpotensi Melemah Pada Perdagangan Rabu (7/12), Cermati Sentimen yang Mewarnai

Prospek pertumbuhan ekonomi masa depan menjadi fokus pada perdagangan yang berakhir dini hari tadi menyusul komentar dari raksasa keuangan yang menunjuk ke masa depan yang tidak pasti.

Kepala eksekutif Bank of America Corp memperkirakan, peluang 75% pertumbuhan negatif ringan tahun depan. Sementara CEO JPMorgan Chase and Co Jamie Dimon mengatakan inflasi akan mengikis daya belanja konsumen dan resesi ringan hingga lebih parah kemungkinan akan terjadi.

Komentar mereka muncul setelah pandangan baru-baru ini dari BlackRock dan lainnya yang percaya bahwa pengetatan moneter agresif Federal Reserve AS untuk memerangi kenaikan harga yang sangat tinggi dapat menyebabkan penurunan ekonomi pada tahun 2023.

"Pasar saat ini sangat reaktif," kata David Sadkin, presiden di Bel Air Investment Advisors kepada Reuters. Dia mencatat bahwa sementara pasar saham mencerminkan masa depan, saat ini mereka bergerak naik turun berdasarkan berita utama terbaru.

Kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi datang di tengah evaluasi ulang oleh para trader tentang jalur apa yang akan diambil oleh kenaikan suku bunga di masa depan, menyusul data yang kuat pada pekerjaan dan sektor jasa dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Menelaah Rekomendasi Saham Hari Ini (7/12) Pilihan Para Analis

Taruhan pasar uang menunjuk pada peluang 91% bahwa bank sentral AS dapat menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada pertemuan kebijakan 13-14 Desember. Suku bunga diperkirakan akan mencapai puncaknya di angka 4,98% pada Mei 2023. Suku bunga akhir ini naik dari perkiraan 4,92% pada Senin sebelum data sektor jasa dirilis.

S&P 500 menguat 13,8% pada Oktober dan November di tengah harapan kenaikan suku bunga yang lebih kecil dan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan, meskipun ekspektasi Fed tersebut dapat dirusak oleh rilis data lebih lanjut, termasuk harga produsen yang akan dirilis pada hari Jumat.

"Pasar melaju dengan sendirinya pada akhir November, tetapi kemudian pasar mendapatkan beberapa data ekonomi yang bagus, sehingga investor mengevaluasi kembali apa yang akan dilakukan Fed minggu depan," kata Sadkin dari Bel Air.

Kegelisahan terhadap arah pertumbuhan global juga membebani harga minyak. Harga minyak mentah WTI AS tergelincir ke level yang terakhir terlihat pada Januari sebelum invasi Rusia ke Ukraina mengganggu pasar pasokan. Sektor energi turun 2,7% pada hari Selasa.

Bank adalah salah satu saham yang paling sensitif terhadap penurunan ekonomi karena mereka berpotensi menghadapi efek negatif dari kredit macet atau pertumbuhan kredit yang melambat. Indeks S&P bank tergelincir 1,4% ke penutupan terendah sejak 21 Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×