kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Wall Street rebound ke zona hijau meski ada kekhawatiran konflik


Selasa, 07 Januari 2020 / 06:11 WIB
Wall Street rebound ke zona hijau meski ada kekhawatiran konflik
ILUSTRASI. Wall Street berhasil rebound pada penutupan perdagangan awal pekan setelah sempat turun.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street berhasil rebound pada penutupan perdagangan awal pekan setelah sempat turun. Kenaikan bursa saham Amerika Serikat (AS) ditopang oleh kenaikan saham-saham teknologi dan internet.

Senin (6/1), Dow Jones Industrial Average menguat 0,24% ke 28.703,38. Indeks S&P 500 menguat 0,35% ke 3.246,28. Sedangkan Nasdaq Composite menguat 0,56% ke 9.071,46.

Baca Juga: Beredar surat yang menyebut pasukan AS keluar dari Irak, ini jawaban Washington

David Kelly, chief global strategist JPMorgan Asset Management mengatakan, pemulihan pasar setelah serangan 9/11 pada tahun 2001 dan krisis finansial sepuluh tahun lalu menyebabkan pasar lebih mudah menghadapi krisis. "Pada kasus ini mungkin pasar kurang bereaksi terhadap ancaman karena kita tidak tahu apa rencana Iran untuk membalas dan kita tidak tahu bagaimana pemerintah AS akan merespons," kata Kelly kepada Reuters.

Kelly menambahkan, penting untuk tidak terlena pada kepuasan karena memang sedang ada risiko tambahan di pasar saham setelah tewasnya Qassem Soleimani dan valuasi saham yang sudah tinggi. "Di masa lalu, ketika ada ketidakpastian yang meningkat, terjadi aksi jual di pasar dan baru muncul pertanyaan kemudian. Saat ini kita berada di situasi yang berbeda," kata dia.

Baca Juga: Wall Street terguncang oleh ketegangan Timur Tengah

Kenaikan bursa saham AS ini terjadi di tengah penurunan saham emerging market sebesar 0,99%. Sementara harga emas kemarin menyentuh US$ 1.565,74 per ons troi, level tertinggi sejak April 2013 meski pagi ini sudah turun tipis.




TERBARU

Close [X]
×