kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Merosot ke Posisi Terendah 2 Bulan, Tersengat Oleh Peringatan FedEx


Jumat, 16 September 2022 / 21:35 WIB
Wall Street Merosot ke Posisi Terendah 2 Bulan, Tersengat Oleh Peringatan FedEx
ILUSTRASI. Wall Street


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks utama Wall Street mencapai posisi terendah hampir dua bulan pada hari Jumat (16/9). Setelah peringatan laba dari perusahan pengiriman FedEx menakuti investor yang sudah khawatir tentang kenaikan suku bunga agresif dari Federal Reserve yang mendorong ekonomi ke dalam resesi.

Melansir Reuters, pada pukul 09:49 waktu setempat, Dow Jones Industrial Average turun 329,09 poin atau 1,06% pada 30.632,73, S&P 500 turun 55,86 poin atau 1,43% pada 3.845,49, dan Nasdaq Composite turun 205,11 poin, atau 1,78 %, pada 11.347,24.

Indeks S&P 500 jatuh di bawah angka 3.900, level yang dianggap pedagang sebagai support utama, terseret oleh penurunan 23,4% dalam saham FedEx Corp.

Baca Juga: Wall Street: S&P 500 Jatuh di Bawah 3.900 di Tengah Kekhawatiran Perlambatan Global

Saham FedEx berada pada jalur untuk hari terburuk dalam catatan, setelah perusahaan mengatakan perlambatan permintaan global dipercepat pada akhir Agustus dan memperkirakan bahwa itu akan memburuk pada kuartal November.

Saingan UPS dan XPO Logistics masing-masing turun 5,7% dan 7,4%. Sementara Amazon.com Inc tergelincir 3,9%.

Semua dari 11 sektor S&P turun pada awal perdagangan, dipimpin oleh penurunan 2,5% di sektor industri. Indeks Rata-Rata Transportasi Dow Jones turun 5,8%.

"Berita FedEx mungkin mengatakan sesuatu tentang kesehatan ekonomi dan permintaan yang mendasarinya. Namun, berita ini sendiri bukanlah faktor spesifik yang akan diperhitungkan dalam hal keputusan kebijakan minggu depan," kata Mark Dowding, kepala investasi, Manajemen Aset BlueBay.

"Kami telah melihat meningkatnya kekhawatiran tentang hasil yang lebih tinggi, dan perlambatan pertumbuhan dan risiko resesi adalah sesuatu yang membebani sentimen. Jadi, kami tidak akan terkejut melihat pasar ekuitas menguji ulang posisi terendahnya," kata Dowding.

S&P 500 sekarang hanya 5,8% di atas penutupan terendah pertengahan Juni. Reli musim panas di Wall Street mereda di tengah kekhawatiran kenaikan tajam suku bunga AS dan penurunan pertumbuhan pendapatan.

Federal Reserve AS diperkirakan akan memberikan kenaikan suku bunga 75 basis poin ketiga berturut-turut pada pertemuannya minggu depan setelah data terbaru gagal mengubah arah pengetatan kebijakan agresif yang diharapkan.

Baca Juga: Wall Street Turun Lagi Kamis (15/9), Data Ekonomi Mendukung Kenaikan Suku Bunga

Menambah suasana muram, Bank Dunia memproyeksikan bahwa ekonomi global mungkin beringsut menuju resesi. Sementara Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pihaknya memperkirakan perlambatan pada kuartal ketiga.

September, yang merupakan periode lemah musiman untuk pasar, juga akan melihat Fed meningkatkan neraca menjadi US$95 miliar per bulan, sebuah langkah yang dikhawatirkan beberapa investor dapat menambah volatilitas di pasar dan membebani ekonomi.

Indeks volatilitas CBOE, juga dikenal sebagai pengukur ketakutan Wall Street, mencapai tertinggi dua bulan di 28,39 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×