kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Merosot di Awal Maret, Perbaikan Data Ekonomi Akan Jadi Penyokong


Rabu, 02 Maret 2022 / 05:55 WIB
Wall Street Merosot di Awal Maret, Perbaikan Data Ekonomi Akan Jadi Penyokong
ILUSTRASI. Tiga indeks utama Wall Street merosot karena krisis Rusia-Ukraina semakin dalam dan menimbulkan kecemasan di kalangan investor.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street merosot di perdagangan perdana bulan Maret. Tiga indeks utama Wall Street merosot karena krisis Rusia-Ukraina semakin dalam dan menimbulkan kecemasan di kalangan investor.

Selasa (1/3), Dow Jones Industrial Average turun 1,76% atau 597,65 poin ke 33.294,95. Indek S&P 500 melemah 1,55% atau 67,68 poin ke 4.306,26. Sedangkan Nasdaq Composite melorot 1,59% atau 218,94 poin ke 13.532,46.

S&P 500 telah turun sekitar 10% pada tahun 2022. Nasdaq telah kehilangan sekitar 13%. 

Baca Juga: IHSG Rawan Koreksi Jelang 7.000

Saham keuangan menanggung banyak kerugian untuk hari kedua berturut-turut. Sepuluh dari 11 indeks sektor S&P 500 turun, dipimpin oleh keuangan, turun 3,7%.

Wells Fargo jatuh 5,8% dan indeks bank yang lebih luas turun 4,8% karena imbal hasil Treasury AS 10-tahun merosot ke posisi terendah lima minggu di tengah pelarian ke utang safe-haven.

Chevron Corp melonjak 4% menjadi ditutup pada level tertingginya setelah perusahaan menaikkan program pembelian kembali sahamnya dan memperkirakan arus kas operasi hingga 2026, dan karena harga minyak melonjak. Indeks energi naik sekitar 1%.

Baca Juga: Saham Laggard Masih Berpotensi Menjadi Pemberat IHSG

Rusia memperingatkan penduduk Kiev untuk meninggalkan rumah mereka dan menghujani kota Kharkiv ketika komandan Rusia mengintensifkan pemboman mereka di daerah perkotaan Ukraina dalam perubahan taktik setelah serangan enam hari mereka terhenti. Konflik tersebut telah menarik pembalasan tajam dari Barat termasuk pemblokiran akses pemberi pinjaman Rusia tertentu ke sistem pembayaran internasional SWIFT.

"Investor berenang dalam ketakutan, dan mereka tidak tahu bagaimana memasukkan berita geopolitik ke dalam harga mereka," kata Mike Zigmont, kepala penelitian dan perdagangan di Harvest Volatility Management di New York kepada Reuters

Pada catatan positif, data menunjukkan aktivitas manufaktur AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada Februari karena infeksi Covid-19 mereda. Sementara pengeluaran konstruksi melonjak pada Januari.

Baca Juga: IHSG Awal Maret Parkir di Zona Hijau, Ini Proyeksi Perdagangan Rabu (2/3)

"Mengingat fakta bahwa ekonomi AS mengalami percepatan, ketidakpastian akan relatif singkat dan tidak akan mengejutkan jika pasar menemukan pijakannya selama beberapa minggu ke depan ketika kejelasan dipulihkan," kata Jeff Schulze, investasi ahli strategi di ClearBridge Investments.

Target Corp melonjak 9,9% setelah peritel ini memperkirakan penjualan 2022 dan laba di atas ekspektasi analis. Saham pertahanan menambah kenaikan baru-baru ini, dengan Lockheed Martin Corp dan Northrop Grumman reli lebih dari 3%.

Indeks volatilitas CBOE, juga dikenal sebagai pengukur ketakutan Wall Street, naik ke level tertinggi sejak 24 Februari.

Zoom Video Communications Inc turun 7,4% setelah memperkirakan pendapatan dan laba setahun penuh yang suram, menandakan pukulan dari persaingan ketat dan pendaftaran yang lebih rendah untuk platform Rapat intinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×