kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Kompak Melemah, Indeks Saham Cetak Kinerja Kuartalan Terburuk Sejak 2020


Jumat, 01 April 2022 / 05:42 WIB
Wall Street Kompak Melemah, Indeks Saham Cetak Kinerja Kuartalan Terburuk Sejak 2020


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street mengakhiri penurunan kuartalan terbesar dalam dua tahun. Pada perdagangan terakhir bulan Maret, tiga indeks utama Wall Street kompak melemah.

Kamis (31/3), Dow Jones Industrial Average turun 1,56% ke 34.678. Indeks S&P 500 melorot 1,57% ke 4.538,50. Sedangkan Nasdaq Composite melemah 1,54% ke 14.213,5.

Rebound pasar saham bulan Maret tak mampu menutup penurunan Wall Street sejak awal tahun. Pada bulan Maret, Dow Jones menguat 2,32%. Indeks S&P naik 3,58% dan Nasdaq menguat 3,41% di bulan ketiga 2022.

Menurut data Bloomberg, Dow Jones turun 4,57% sejak awal tahun. Pada periode yang sama, indeks S&P 500 turun 4,95% dan Nasdaq anjlok 9,10%.

Baca Juga: Rekomendasi Saham Pilihan, Waspada Koreksi IHSG di Kuartal Dua

Pada akhir kuartal pertama, perdagangan pasar saham masih diwarnai kekhawatiran tentang konflik yang berkelanjutan di Ukraina dan efeknya pada kenaikan inflasi serta potensi kenaikan suku bunga agresif Federal Reserve.

Meski optimisme tentang kemungkinan kesepakatan damai antara Ukraina dan Rusia membantu mengangkat saham awal pekan ini, harapan dengan cepat memudar. Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam pada hari Kamis untuk menghentikan kontrak yang memasok sepertiga dari gasnya ke Eropa kecuali jika dibayar dalam rubel.

Amerika Serikat (AS) memberlakukan sanksi baru terkait Rusia. Presiden AS Joe Biden mengumumkan pelepasan terbesar yang pernah ada dari cadangan minyak darurat AS.

Baca Juga: Market Cap GOTO Terbesar Nomor Empat

Harga saham sensitif terhadap tanda-tanda kemajuan menuju kesepakatan untuk menyelesaikan invasi Rusia ke Ukraina. Inflasi AS yang sudah tinggi telah meningkat dengan melonjaknya harga komoditas seperti minyak dan logam sejak perang dimulai.

Ketika harga naik, The Fed menjadi semakin mungkin untuk menjadi lebih agresif dalam menaikkan suku bunga untuk memerangi inflasi. Kenaikan suku bunga yang cepat berpotensi membatasi pertumbuhan ekonomi.

Data pada hari Kamis menunjukkan harga konsumen hampir tidak naik pada Februari karena tekanan harga meningkat, sementara pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) tidak termasuk makanan dan energi naik 0,4%, sesuai dengan ekspektasi.

Baca Juga: Analis Prediksi IHSG Rawan Mengalami Koreksi pada Perdagangan Jumat (1/4)

"Angka PCE keluar hari ini, yang merupakan angka pilihan Fed, dan meskipun itu tepat sasaran, itu lebih tinggi dari bulan lalu, dan akan terus naik. Oleh karena itu terjadi penurunan di pasar," kata Ken Polcari, Managing Partner di Kace Capital Advisors di Boca Raton, Florida kepada Reuters.

Dia memperkirakan kondisi inflasi ini akan memperkuat Gubernur Th Fed Jerome Powell untuk lebih agresif sehingga akan ada potensi kenaikan 50 basis poin. Investor akan melihat laporan pekerjaan hari Jumat untuk konfirmasi lebih lanjut pada kekuatan pasar tenaga kerja.

Baca Juga: IHSG Ditutup di Zona Hijau pada Akhir Maret 2022, Ini Saham-Saham Koleksi Asing

Sektor-sektor defensif seperti real estate dan utilitas termasuk di antara sektor-sektor dengan kinerja terbaik karena dipandang sebagai permainan yang kuat di lingkungan tingkat kenaikan suku bunga.

Energi, sektor dengan kinerja terbaik sepanjang tahun ini dengan kenaikan sekitar 39%, tergelincir karena harga minyak turun. Harga komoditas energi ini melemah setelah pengumuman Biden mengenai pengucuran cadangan darurat. Sementara OPEC+ tetap pada kesepakatan produksi yang ada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×