kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street cetak rekor tertinggi, didukung rebound yang dipimpin sektor keuangan


Sabtu, 10 Juli 2021 / 05:40 WIB
Wall Street cetak rekor tertinggi, didukung rebound yang dipimpin sektor keuangan


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Tiga indeks utama Wall Street kompak rally menuju rekor penutupan tertinggi pada akhir perdagangan Jumat (9/7) didorong rebound sektor keuangan dan sektor yang berfokus pada ekonomi lainnya dari aksi jual yang dipicu oleh kekhawatiran pertumbuhan di awal pekan.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average naik 448,23 poin, atau 1,3%, ke level 34.870,16, S&P 500 naik 48,73 poin, atau 1,13% ke level 4.369,55 dan Nasdaq Composite naik 142,13 poin, atau 0,98% ke level 14.701,92.

Volume perdagangan saham di bursa AS mencapai 8,51 miliar saham, dengan rata-rata 10,5 miliar dalam 20 hari perdagangan terakhir.

Dalam sepekan ini, Dow naik 0,2%, dan S&P 500 dan Nasdaq masing-masing bertambah 0,4%.

Reli memungkinkan indeks untuk mencatatkan sedikit kenaikan pada pekan ini, yang juga melihat reli tajam dalam Treasuries AS karena investor khawatir pemulihan ekonomi AS mungkin kehilangan tenaga karena varian Delta dari virus corona menyebar secara global.

Baca Juga: Wall Street melemah, terseret aksi jual akibat kekhawatiran pemulihan ekonomi

US Treasury bertenor 10-tahun jatuh pada hari Jumat, menghentikan kenaikan harga delapan hari, sementara sektor keuangan S&P 500 melonjak 2,9% dalam persentase kenaikan harian terbesar di sektor ini sejak 1 Maret.

Sektor keuangan memimpin kemajuan diikuti oleh sektor energi, material dan industri. Bank-bank besar termasuk JPMorgan Chase & Co akan memulai musim laporan pendapatan kuartal kedua minggu depan.

"Sungguh wajah dari semua kesuraman dan malapetaka dari kemarin," kata Jake Dollarhide, CEO Longbow Asset Management di Tulsa, Oklahoma.

"AS berada dalam gelembung dibandingkan dengan bagian dunia lainnya, dalam jeda dari Covid. Berapa lama itu akan bertahan kita tidak tahu," katanya, tetapi "sampai narasi itu berubah, ini adalah pasar dengan banyak likuiditas dan suku bunga rendah."

Lonjakan besar dalam pendapatan kuartalan diperkirakan akan menandai puncak pertumbuhan laba AS dalam pemulihan dari keruntuhan akibat pandemi tahun lalu. 

Investor melihat hasil kuartalan mendatang dan perkiraan perusahaan AS tentang pemulihan pada paruh kedua tahun 2021 karena beberapa khawatir bahwa lonjakan ekonomi baru-baru ini sudah berkurang.

Analis memperkirakan pertumbuhan pendapatan 65,8% untuk perusahaan dalam indeks S&P 500 pada kuartal tersebut, naik dari perkiraan sebelumnya pertumbuhan 54% pada awal periode, menurut data Refinitiv IBES.

Selanjutnya: Wall Street loyo, imbas turunnya saham teknologi China dan keraguan pemulihan ekonomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×